September 27, 2023

Jakarta (tabloidpengusaha.com) – Terdapat sedikitnya tiga pejabat Indonesia yang sudah kaya raya sebelum dirinya diangkat. Salah satunya adalah Erick Thohir yang beberapa waktu lalu terpilih sebagai Ketua PSSI. Saat ini, Indonesia memiliki banyak pejabat yang diketahui punya banyak harta. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semuanya mendapat pundi-pundi kekayaannya setelah menjadi pejabat. Dalam hal ini, terdapat juga sebagian lain yang telah kaya raya bahkan sebelum mereka diangkat menjadi pejabat atau terjun ke dunia politik/pemerintahan.

Pejabat Indonesia yang Sudah Kaya Sebelum Diangkat Berikut sejumlah pejabat di Tanah Air yang sudah kaya raya sebelum diangkat.

1. Sandiaga Uno Sandiaga Salahuddin Uno merupakan salah seorang pengusaha dan politisi berkebangsaan Indonesia. Saat ini, dia tercatat tengah mengemban amanah sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Lahir di Gorontalo pada 28 Juni 1969, Sandi merupakan putra dari pasangan Razif Halik Uno dan Mien Rachman Uno. Menghabiskan masa kecil dan sekolah di Jakarta, dia lanjut kuliah di Wichita State University dengan mengambil jurusan Bisnis Administrasi.

Pada perjalanan kariernya, Sandi pernah ditolak banyak perusahaan yang dilamarnya. Akhirnya, dia memilih membuka perusahaan sendiri bernama PT Recapital Advisors bersama rekannya.
Setelahnya, dia juga sempat mendirikan perusahaan PT Saratoga Investama Sedaya bersama Edwin Soeryadjaya. Seiring waktu, karier Sandiaga semakin sukses, sehingga pundi-pundi kekayaannya pun terus bertambah.

Sukses sebagai pengusaha, Sandiaga Uno mulai terjun ke politik. Sempat menjadi Wakil Gubernur DKI, dia juga sempat menjadi pasangan Prabowo Subianto sebagai Wakil Presiden pada Pilpres 2019.

Saat ini, dia menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di era pemerintahan Presiden Joko Widodo. Dari sekian Menteri di kabinet yang dimiliki Jokowi, Sandi menjadi salah satu yang terkaya.

2. Erick Thohir Sama seperti Sandiaga Uno, Erick Thohir menjadi salah satu pejabat terkaya di Tanah Air. Dalam riwayatnya, dia adalah putra dari Teddy Thohir yang dikenal sebagai salah satu tokoh penting di Grup Astra. Pada perjalanan kariernya, Erick dikenal sebagai seorang pengusaha yang sukses. Bahkan, sebelum menjadi pejabat seperti Menteri BUMN, dia telah memiliki pundi-pundi kekayaan dari berbagai sektor bisnisnya. Dari sekian lini bisnis yang dijalani, sebagai contohnya adalah dalam bidang olahraga. Sebelumnya, dia pernah menjadi pemilik saham di klub legendaris Italia, yakni Inter Milan.Selain itu, masih banyak sejumlah klub olahraga lain yang sahamnya turut dimiliki oleh Erick. Sukses di bisnisnya, dia mulai merambah sektor pemerintahan dan ditunjuk sebagai Menteri BUMN di era Presiden Jokowi. Terbaru, beberapa waktu lalu dia baru saja terpilih sebagai Ketua PSSI. Dengan segala pengalaman yang dimiliki, Erick Thohir diharapkan bisa memperbaiki kondisi sepak bola Tanah Air ke arah yang lebih baik lagi.

3. Nadiem Makarim Sebelum menjadi Menteri di era Presiden Joko Widodo, Nadiem Makarim cukup lekat kaitannya dengan Gojek. Lulusan Harvard University ini membesut Gojek dan menjadikannya sebagai platform terkenal sampai sekarang. Dalam riwayatnya, Nadiem adalah putra dari Nono Anwar Makarim dan Atika Algadri. Ayahnya adalah seorang pengacara dan aktivis, sedangkan Ibunya adalah penulis lepas. Mengambil jalan berbeda dengan orang tuanya, Nadiem berhasil menjadi pengusaha sukses. Hal ini juga membuat pundi-pundi kekayaannya meningkat seiring waktu, bahkan jauh sebelum ditunjuk menjadi Menteri oleh Presiden Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *