September 27, 2023

Jakarta (tabloidpengusaha.com) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno┬ábersama Smeshub Island membantu para UMKM agar bisa mengembangkan produk lokal secara berkelanjutan dan dapat memiliki daya saing global. UMKMUMKM tersebut berkesempatan untuk bisa menjajakan produknya di Kuningan City Mall, Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga terus mendorong UMKM untuk terjun ke dunia digitalisasi, sebab semua sudah serba teknologi dan online. Ia juga memberikan tips-tips menjual produk agar banyak diminati pembeli.

“Kita harus mendorong digitalisasi lebih kedepan lagi, jangan lupa selalu mencari cara bagaimana berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi. Sekarang zamannya berkolaborasi, berani mengambil resiko jangan hanya di zona aman,” tegas Sandiaga ditulis Rabu (12/4/23).

“Jalin relasi, bersilaturahmi. Miliki softskil tingkatkan keterampilan kita melalui Upskilling, Reskilling, dan New skilling,” lanjut Sandiaga.

Sementara itu Lutpi Ginanjar, Founder & CEO Smeshub Indonesia, menjelaskan UMKM Sahabat Sandi yang berkolaborasi dengan Smeshub nantinya mendapatkan fasilitas membuka tenant di Mall Kuningan City, khususnya kuliner. Lutpi mengatakan, dalam hal ini para UMKM Sahabat Sandi berkesempatan menjual produknya selama 3 tahun di Mall tersebut.

Diadakannya kegiatan ini juga diharapkan mampu membuka mindset para peserta mengenai dunia bisnis. Pelatihan pembuatan kue kering juga dihadirkan pada kegiatan tersebut agar peserta yang hadir bisa memiliki ide membuka lapangan pekerjaan.

“Dari sisi mindset yang ingin kita bangun adalah bagaimana lapangan pekerjaan tetap bisa dikembangkan. Kita kasih pelatihan, semoga mereka interest ke dunia bisnis hingga bisa membuat lapangan kerja makin meningkat,” ungkap Lutpi.

Sementara itu, Lutpi menambahkan sosok Sandiaga yang penuh dengan ide out of the box mampu memberikan kreativitas pada UMKM khususnya anak – anak muda. Dengan kehadiran Sandiaga, diharapkan UMKM semakin memiliki spirit yang kuat dalam menjalani usahanya.

“Kita butuhkan sosok untuk memotivasi UMKM untuk punya spirit dan mindset yang berkembang, dukungan dari Pak Sandi juga sangat penting bagi kami dan UMKM,” tutup Lutpi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *