June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

10.000 Karyawan Diberhentikan oleh Perusahaan Raksasa Pelayaran, Apa yang Terjadi?

2 min read

tabloidpengusaha – Raksasa pelayaran, Maersk, memberhentikan ribuan pekerjanya karena permintaan yang lemah dan harga angkutan barang yang rendah yang telah mengurangi pendapatannya. Hal ini menandakan bahwa peningkatan pesat dalam sektor pelayaran yang didorong oleh pandemi kini menuju kehancuran.
Salah satu perusahaan pelayaran terbesar di dunia itu mengatakan dalam hasil kuartal ketiganya pada akhir pekan lalu bahwa pendapatannya turun hampir setengahnya menjadi US$12 miliar dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Perusahaan asal Denmark tersebut telah melakukan pemangkasan sekitar 6.500 pekerjanya tahun ini karena mereka menghadapi “kondisi pasar yang menantang”. Perusahaan ini berencana untuk melakukan pemangkasan tambahan terhadap 3.500 pekerja lagi, dan sebagian besar pemutusan hubungan kerja tersebut akan terjadi dalam delapan minggu ke depan.
Pemangkasan tenaga kerja yang diakumulasikan ini akan mengurangi jumlah tenaga kerja perusahaan menjadi di bawah 100.000 orang.

“Industri kami menghadapi kondisi normal baru dengan permintaan yang lemah, harga yang kembali sesuai dengan tingkat sejarah, dan tekanan inflasi pada biaya dasar kami,” kata Kepala Eksekutif Maersk, Vincent Clerc, dalam sebuah pernyataan, seperti yang dikutip dari CNN International, Selasa (7/11/2023).

Perusahaan ini mencatatkan rekor laba tahunan pada tahun lalu, tetapi telah memperingatkan selama berbulan-bulan bahwa lonjakan harga pengiriman yang terjadi ketika perekonomian dibuka kembali dari lockdown akibat pandemi, yang melepaskan gelombang permintaan barang yang tertunda, tidak akan bertahan lama.
Menurut Drewry Shipping yang berbasis di London, biaya pengiriman gabungan untuk kontainer berukuran 40 kaki di delapan rute global utama hanya US$1.406 pada pekan lalu. Angka ini 54% lebih rendah dari level pada minggu yang sama tahun 2022.

Maersk juga mengatakan bahwa mereka memperkirakan laba selama setahun penuh akan berada di batas bawah kisaran yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu US$9,5 miliar hingga US$11 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *