June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Dukungan Mendag Zulhas untuk Akselerasi Ekosistem Digital Sehat UMKM

2 min read

tabloidpengusaha – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) mendukung percepatan ekosistem digital yang sehat untuk pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Seperti yang diketahui, UMKM memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian Indonesia dengan menyumbang 60 persen dari produk domestik bruto (PDB) dan menyerap 117 juta pekerja atau 97 persen dari total tenaga kerja di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Zulhas dalam acara Temu Wicara Program Akselerasi Ekosistem UMKM Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan di Yogyakarta, pada Senin (6/11/2023). “Jika ekosistemnya sudah baik, maka kami akan mendukung akses kemitraan, digitalisasi, dan pembiayaan untuk meningkatkan produk UMKM hingga pasar global,” kata Zulhas dalam pernyataan pers yang diterima Kompas.com, pada Selasa (7/11/2023). Selain itu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah menerbitkan regulasi melalui Peraturan Mendag (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 yang mengatur perdagangan digital agar berkeadilan dan tidak membanjiri pasar Indonesia dengan produk impor.

“Perdagangan digital perlu diatur untuk menciptakan ekosistem yang mendukung dan melindungi UMKM di Indonesia,” ujar Zulhas. Zulhas juga menekankan pentingnya inovasi di warung dan toko tradisional dalam menggunakan teknologi digital untuk pengembangan bisnis mereka, seperti perbaikan kemasan dan strategi pemasaran. Kemendag juga telah menyediakan fasilitas pelatihan ekspor untuk mendampingi UMKM dalam menjual produknya ke luar negeri. “Pelatihan yang diadakan Kemendag ini siap untuk bersinergi dengan berbagai pihak dalam upaya meningkatkan kapasitas UMKM untuk melakukan ekspor. Silakan manfaatkan fasilitas ini dengan baik, agar UMKM Indonesia semakin tumbuh,” tambah Zulhas.

Lebih lanjut, Zulhas mengapresiasi peran aktif pihak Dagangan dalam memfasilitasi UMKM nasional untuk go digital. Pemerintah selalu terbuka untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak guna memperkuat daya saing UMKM di Indonesia. Sementara itu, Wakil Presiden Pengembangan Bisnis Dagangan, Adi Wismaya, menjelaskan bahwa Dagangan telah menyediakan pasokan yang mudah dan terjangkau untuk UMKM warung. Dagangan juga memfasilitasi penghubungan UMKM dengan mitra keuangan melalui program Wirausaha Berdana (WiraDana). “Para pengguna aplikasi Dagangan akan dapat membeli stok kebutuhan warung secara langsung melalui aplikasi Dagangan. Pembayaran dapat dipilih dengan pembiayaan moda usaha mikro dan perbankan,” kata Adi. Dalam kesempatan tersebut, Zulhas didampingi oleh sejumlah pejabat, antara lain Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendag Suhanto, Staf Ahli Bisnis Iklim Usaha dan Hubungan Antarlembaga Fajarini Puntodewi, dan Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *