June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Ketakutan OJK Tahun Lalu Menjadi Kenyataan Tahun Ini

1 min read

tabloidpengusaha – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat sejumlah hal yang menjadi perhatian dalam ekonomi tahun lalu benar-benar terjadi pada tahun 2023.
Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar, menyampaikan bahwa semua ketidakpastian yang terjadi tahun ini sudah sering menjadi topik pembicaraan pada tahun 2022.
Menurut Mahendra, saat ini dunia sedang dalam tahap pemulihan dari krisis yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19. “Di sisi lain, kondisi global sangat tidak pasti, dan ternyata apa yang menjadi perhatian kita tahun lalu telah terjadi,” katanya dalam acara CEO Network secara virtual pada Selasa (7/11/2023).

Mahendra menjelaskan ancaman ketidakpastian yang sudah diprediksi sejak tahun lalu, seperti terkait rantai pasok global. Selain itu, normalisasi kebijakan The Fed yang memicu inflasi tinggi dan pengetatan likuiditas. “Ternyata sekarang topiknya adalah ‘higher for longer’,” katanya.

Selain itu, ada proyeksi lainnya mengenai perlambatan perekonomian di negara maju yang menuju resesi. Hal ini terjadi di kawasan Eropa.

“Jadi apa yang dibahas tahun lalu dengan segala dinamika luar biasa sepanjang tahun 2023 ternyata tidak meleset. Meskipun sayangnya sebagai peramal, jika prediksinya tidak akurat adalah hal yang baik, tetapi sayangnya prediksi-prediksi yang tidak baik telah terkonfirmasi,” tambahnya.

Mahendra menambahkan bahwa Indonesia telah mempersiapkan diri untuk menghadapi ancaman dan perkiraan ekonomi terburuk yang diperkirakan sejak tahun lalu.

“Tetapi yang ingin saya sampaikan adalah jika kita melakukan antisipasi dengan baik, kita tidak akan terkejut, terlebih lagi mengalami kejutan yang tidak diharapkan. Sebaliknya, kita telah mempersiapkan diri untuk mengantisipasi dan mengambil langkah-langkah yang menjadi tanggung jawab kita dalam pengendalian dan kewenangan kita,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *