June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Menkop UKM Meminta Instagram dan Perusahaan sejenis untuk Menutup Akun Jual Baju Bekas Impor: Itu Tindakan Pidana!

2 min read

tabloidpengusaha – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan telah meminta Instagram dan platform global lainnya untuk menutup akun yang menjual pakaian bekas impor. Menurutnya, aktivitas penjualan tersebut merupakan tindakan pidana.
Pakaian bekas sendiri merupakan barang yang dilarang impornya. Hal ini berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 40 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Permendag Nomor 18 Tahun 2021 tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor.

“Kita sudah meminta kepada Instagram dan platform global lainnya untuk mengikuti aturan pemerintah Indonesia,” kata Teten saat ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (7/11/2023).
“Karena memperdagangkan barang ilegal itu merupakan tindakan pidana. Jadi mereka tidak bisa lagi berkilah bahwa itu bukan tanggung jawab platform,” sambungnya.

Menurut Teten, para pelaku bisnis di Indonesia memiliki kewajiban untuk mematuhi aturan yang berlaku. Oleh karena itu, mereka seharusnya menutup akun-akun yang menjual produk pakaian bekas impor.

“Mereka beroperasi di sini, dan mereka harus mematuhi hukum Indonesia. Oleh karena itu, mereka harus menurunkan dan menutup akun-akun yang menjual produk bekas impor itu,” pungkasnya.
Sebagai tambahan informasi, sebelumnya Teten melaporkan bahwa ia menemukan akun di Instagram yang menjual produk pakaian bekas impor. Dia pun meminta pihak Instagram untuk menutup akun-akun yang memperdagangkan pakaian bekas impor.

“Kami menemukan ada akun di Bandung yang menjual produk pakaian bekas, yang tentunya adalah ilegal. Kami meminta Instagram untuk menonaktifkan akun-akun tersebut karena mereka menjual barang ilegal yang tidak diizinkan,” kata Teten seperti yang dikutip dari Antara, Kamis (26/10/2022).

Teten juga meminta Instagram untuk berkomitmen menjaga etika dalam ruang digital. Karena platform media sosial tersebut beroperasi di Indonesia dan harus mematuhi aturan perdagangan dalam negeri. Pihaknya juga telah bekerja sama dengan aparat penegak hukum, Kementerian Perdagangan, dan Bea Cukai untuk mencegah masuknya barang impor ilegal, termasuk pakaian bekas, ke Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *