June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Prakiraan Cuaca BMKG: Siklon 94W Membawa Hujan Lebat di Kalimantan, Sementara Beberapa Daerah Akan Cerah Berawan dengan Hujan Ringan

1 min read

tabloidpengusaha – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau bibit siklon tropis 94W di daratan Filipina sebelah tenggara, tepatnya di sekitar 7.7° LU dan 125.9° BT, dengan kecepatan angin maksimum 15 knot dan tekanan udara minimum 1011.9 hPa bergerak ke arah barat.

Potensi bibit siklon tropis 94W untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori rendah. “Dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia adalah hujan sedang hingga lebat di Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara,” ujar BMKG.

Sumatra secara umum hujan ringan, namun Bengkulu, Jambi, Riau berpotensi hujan sedang, Sumatra Barat, Sumatra Utara, Aceh berpotensi hujan lebat. Jawa secara umum cerah berawan. Bali, NTB, NTT secara umum cerah berawan.

Kalimantan secara umum hujan ringan, namun Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara berpotensi hujan sedang. Sulawesi secara umum cerah berawan, namun Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah berpotensi hujan sedang. Maluku dan Papua secara umum cerah berawan, namun Papua, Papua Barat berpotensi hujan sedang.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan angin berkisar antara 4 hingga 25 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan antara 6 hingga 25 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan Kepulauan Anambas, perairan Merauke, Laut Arafuru bagian timur.

Ketinggian gelombang di wilayah Indonesia umumnya berkisar antara 1,25 hingga 2,5 meter yang terjadi di Samudra Hindia barat Sumatra hingga selatan Jawa.

Suhu di kota-kota besar di wilayah Indonesia berkisar antara 17 hingga 36 derajat Celsius dengan kelembaban antara 40-100%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *