June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Diminta Jokowi Turun Tangan Hentikan Kekejaman Israel di Gaza, Begini Reaksi Joe Biden

3 min read

tabloidpengusaha.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kenegaraan ke Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat pada Selasa, 14 November 2023. Maksud kedatangan Jokowi adalah untuk pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

Berdasarkan keterangan yang dilansir dari situs presidenri.go.id, Presiden Jokowi tiba di Gedung Putih pada Senin, 13 November 2023, sekira jam 16.20 waktu setempat, atau Selasa, 14 November 2023, pukul 04.20 WIB. Begitu tiba, Jokowi langsung disambut jajar kehormatan dengan pasukan yang membawa bendera dari 50 negara bagian di Amerika Serikat ketika memasuki halaman Gedung Putih. Pas turun dari kendaraan, Jokowi langsung disambut hangat oleh Presiden Joe Biden.

Setelah itu, Jokowi diajak masuk oleh Joe Biden menuju Oval Office yang merupakan ruang kerja Presiden Biden di Gedung Putih. Selanjutnya, kedua pimpinan negara melakukan pertemuan terbatas.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin sepakat untuk meningkatkan kemitraan menjadi Comprehensive Strategic Partnership (CSP). Presiden Jokowi juga mengajak Presiden AS Joe Biden dan Amerika Serikat (AS) untuk berkontribusi meredakan agresi Israel di Gaza, Palestina, demi terwujudnya perdamaian global. “Indonesia berharap agar kemitraan kita (Indonesia-AS) dapat berkontribusi terhadap perdamaian dan kemakmuran regional dan juga global,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi mengajak Presiden Biden untuk berbuat lebih banyak dalam menghentikan konflik dan kekejaman yang terjadi di Gaza. “Hal ini merupakan sebuah hal yang sangat menyakitkan bagi umat manusia,” katanya. Dikatakan Presiden Jokowi gencatan senjata adalah suatu keharusan demi memenuhi rasa kemanusiaan.

Tak ada respons khusus dari Presiden AS Joe Biden terkait permintaan Jokowi untuk turun tangan menghentikan kekejaman Israel di Gaza. Ia hanya merespons secara umum kerja sama antara Indonesia dan Amerika Serikat (AS) yang meningkat menjadi kemitraan strategis yang komprehensif, menandakan era baru kerja sama antara kedua negara dalam berbagai bidang.

Biden juga menyoroti perlunya peningkatan kerja sama antara kedua negara dalam membangun rantai pasok yang aman, termasuk upaya penanggulangan krisis iklim. “Termasuk di dalamnya adalah memperluas kerja sama kita dalam membangun rantai pasokan yang aman. Termasuk pula kolaborasi kita yang lebih dalam untuk menanggulangi krisis iklim,” ucapnya.

Biden mengakui peran penting Indonesia dalam transisi menuju energi bersih dan berkomitmen untuk terus meningkatkan kerja sama antara Amerika Serikat dan ASEAN guna memajukan kawasan Indopasifik yang bebas, terbuka, dan makmur. Biden juga mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di ASEAN pada tahun ini.

Usai pertemuan terbatas, kedua presiden menggelar pertemuan bilateral yang diikuti oleh delegasi dari masing-masing negara. Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, dan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani.

Sebelumnya diberitakan bahwa Jokowi menganggap kunjungan kenegaraannya ke Amerika Serikat ini merupakan kesempatan yang baik untuk menyuarakan posisi tegas Indonesia mengenai Gaza dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. “Kunjungan ini merupakan kesempatan yang baik untuk langsung menyampaikan hasil KTT OKI di Riyadh, yang mencerminkan solidaritas negara-negara OKI untuk membela keadilan dan kemanusiaan,” jelasnya. Dari Washington DC, Jokowi akan menuju ke San Francisco untuk menghadiri KTT APEC dan membahas isu pembangunan berkelanjutan dan pembangunan inklusif, dua isu yang akan dibawa Indonesia dalam KTT APEC. “Di sela-sela KTT APEC, beberapa pertemuan bilateral dan beberapa pertemuan dengan kalangan bisnis di San Francisco akan kita lakukan. Saya dan rombongan Insya Allah akan meninggalkan San Francisco pada 17 November setelah KTT selesai, dan kembali ke Tanah Air,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *