June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

“Krisis Pangan di Gaza Mengancam Anak-anak dengan Potensi Stunting dan Gizi Buruk, Peringatkan PPB”

1 min read

tabloidpengusaha.com – Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) mengungkap bahwa saat ini jutaan rumah tangga di Jalur Gaza menghadapi kerawanan pangan akibat blokade militer Israel. Setelah pengumuman penghentian pasokan listrik, bahan bakar, dan bahan pangan oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, ratusan anak dan balita di Gaza terancam stunting dan gizi buruk karena kurangnya asupan nutrisi.

“Sebelum 7 Oktober, 33 persen penduduk menghadapi kerawanan pangan. Kini dapat kami pastikan bahwa 100 persen penduduk sudah menghadapinya,” kata Direktur Jenderal FAO, Qu Dongyu. Meskipun akses masuk di pintu perbatasan Rafah diperlonggar, hanya 19 persen dari ratusan truk bantuan kemanusiaan yang diizinkan masuk ke Gaza.

Israel berargumen bahwa blokade dilakukan untuk melumpuhkan kekuatan militan Hamas, tetapi dampaknya adalah jutaan warga Palestina kesulitan memenuhi kebutuhan pangan. Situasi ini disebut Badan Pemantau Hak Asasi Manusia Euro-Med sebagai “perang kelaparan.”

Dampak blokade terasa pada 23 pabrik roti di Gaza yang bekerja sama dengan FAO. Krisis bahan pangan juga mempengaruhi program pembagian makanan gratis. WFP sebelumnya bekerja sama dengan lebih dari 23 toko roti di Gaza, namun sekarang hanya satu yang masih beroperasi.

Di tengah ancaman kerawanan pangan, sebagian besar wilayah Gaza diguyur hujan pada Selasa (14/11/2023). Meskipun dianggap sebagai berkah, hujan ini menjadi tantangan baru karena membuat pengungsi kehilangan tempat bernaung dari pengeboman dan meningkatkan risiko penyebaran bakteri dari kontaminasi jenazah yang belum terkubur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *