June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Regulasi Dividen Bank Dikeluarkan oleh OJK karena Investasi IT yang Mahal

1 min read

tabloidpengusaha.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan Peraturan OJK (POJK) Nomor 17 Tahun 2023 tentang Penerapan Tata Kelola bagi Bank Umum, yang mencakup ketentuan mengenai pembagian dividen oleh emiten perbankan. Salah satu tujuan OJK dalam mengatur dividen ini adalah untuk memastikan bahwa laba bank tidak hanya digunakan untuk pembayaran dividen, melainkan juga untuk pengembangan infrastruktur IT. Dian Ediana Rae, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, menjelaskan bahwa regulasi ini tidak bertujuan untuk membatasi pembagian dividen oleh bank, tetapi mencari keseimbangan antara kepentingan pemegang saham dan pengembangan bank, dengan fokus utama pada infrastruktur IT yang memerlukan investasi yang signifikan.

Dian menyatakan bahwa regulasi ini diharapkan mendorong bank untuk memiliki program pengembangan infrastruktur IT dan sistem keamanan siber. Mengingat ancaman serangan siber yang semakin meningkat seiring dengan pesatnya digitalisasi perbankan, regulasi ini menjadi langkah proaktif untuk mengatasi risiko yang terkait dengan sistem IT. Dalam konteks ini, Dian mencatat bahwa risiko keamanan siber menjadi salah satu tantangan utama, dengan lebih dari 700 juta serangan siber terjadi di Indonesia pada tahun 2022, yang mana sektor perbankan termasuk yang paling rentan.

Selain itu, Dian menyoroti tantangan lain seperti kekurangan tenaga ahli di bidang digital dan tingkat literasi digital yang masih rendah di Indonesia. Oleh karena itu, regulasi ini diharapkan dapat membantu bank dalam menghadapi berbagai tantangan tersebut dan meningkatkan kesiapan sektor perbankan dalam menghadapi perkembangan teknologi dan risiko keamanan siber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *