June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Total Dukungan Indonesia untuk Palestina, Sejauh Mana Keseluruhannya?

2 min read

tabloidpengusaha.com – SEBERAPA total Indonesia dalam membela Palestina? Ini merupakan pertanyaan yang mungkin kebanyakan orang akan menjawab, “Sudah sangat total”. Konflik langsung antara Palestina dan Israel kembali terjadi pada 2023. Kondisi yang timpang, membuat serangan Israel memakan banyak korban jiwa warga Palestina. Sejarah panjang Palestina yang direbut hak-haknya oleh Israel sejak awal era 1900 kembali terulang. Serangan demi serangan, termasuk dengan bom-bom yang amat mematikan melanda tanah Palestina. Terhitung sejak perang kembali meletus pada 7 Oktober 2023 hingga 12 November 2023 atau selama 37 hari, telah ada lebih dari 11.000 korban jiwa dari pihak Palestina.

Indonesia selalu mendukung kemerdekaan Palestina. Hal ini juga selalu dilakukan sejak awal Indonesia meraih kemerdekaannya. Sejak masa Presiden Soekarno hingga kini, Indonesia terus aktif mendukung kemerdekaan Palestina yang merupakan satu-satunya peserta Konferensi Asia Afrika (KAA) yang masih belum memperoleh kemerdekaannya. “Selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina maka sepanjang itulah bangsa Indonesia berdiri menentang penjajah Israel,” tegas Bung Karno pada tahun 1962. Indonesia saat ini juga memberikan respons yang mendukung Palestina. Mulai dari Presiden, menteri-menteri, partai politik, organisasi-organisasi agama dan kemasyarakatan

serta elemen-elemen lainnya kompak membela Palestina. Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat suara untuk menghentikan aksi agresi Israel terhadap Palestina yang terjadi di Gaza sekarang ini. Presiden Jokowi mengangkat isu Palestina ini saat berbicara pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang digelar di King Abdulaziz International Convention Center (KAICC), Riyadh, Arab Saudi. “Tanpa gencatan senjata, situasi tak akan membaik. Israel telah gunakan narasi ‘self defense‘ dan terus lakukan pembunuhan rakyat sipil. Ini tak lain sebuah collective punishment. Kita semua harus cari jalan agar Israel segera lakukan gencatan senjata,” ungkap Jokowi, Sabtu (11/11/2023).

Barangkali itu sedikit upaya yang dilakukan oleh para “elite-elite atas”. Lalu, apa yang bisa dilakukan oleh masyarakat umum untuk menunjukan keberpihakannya terhadap perjuangan Palestina dan membuat Israel mundur? Ada beberapa hal yang umumnya dilakukan oleh masyarakat untuk mendukung Palestina, misalnya ikut Aksi Bela Palestina. Dalam beberapa waktu terakhir, ada sejumlah aksi yang digelar di berbagai kota, mulai dari Jakarta, Bekasi hingga Surabaya. Plus, aksi-aksi mengumpulkan donasi dari masyarakat untuk Palestina yang dihimpun oleh berbagai lembaga zakat untuk disalurkan ke Palestina.

Begitu juga dengan aksi masyarakat mengutarakan suaranya di keriuhan dunia maya. Topik mengenai Palestina selalu menjadi trending topic di sosial media beberapa waktu terakhir. Termasuk soal “Semangka” yang menjadi simbol Palestina melawan Israel. Mau tidak mau-suka tidak suka, Aksi Bela Palestina yang dilakukan oleh masyarakat melalui berbagai cara ini menjadi sebuah indikator seberapa total Indonesia membela Palestina. Pertanyaannya, apakah Anda yang merupakan bagian dari Indonesia ikut berpartisipasi dalam Aksi Bela Palestina? Jawaban Anda ini tampaknya yang menjadi penentu seberapa total Indonesia membela Palestina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *