June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Moeldoko Menyajikan Rencana Akselerasi Hilirisasi Kelapa Sawit di Indonesia

2 min read

tabloidpengusaha.com – Ketua Dewan Pembina DPP Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Moeldoko menyatakan bahwa pengembangan hilirisasi kelapa sawit di dalam negeri masih perlu ditingkatkan. Berdasarkan hasil penelitian, Moeldoko mengungkapkan bahwa tingkat hilirisasi sawit di RI saat ini baru mencapai 20-30% dari potensi yang ada.

Menurut Moeldoko, tingkat hilirisasi industri berbasis kelapa sawit di RI masih berada pada level medium untuk refined oil (minyak olahan). Sementara itu, beberapa hilirisasi lanjutan seperti biodiesel masih terbatas, terutama yang terkait dengan oleochemical.

“Untuk mengembangkan potensi industri sawit ke depan, ada 3 tantangan yang harus kita jawab bersama,” kata Moeldoko dalam Special Dialogue CNBC Indonesia, ‘Menata Masa Depan Kelapa Sawit Indonesia’ di Jakarta, Kamis (16/11/2023). “Pertama, masih rendahnya produktivitas kelapa sawit rakyat. Kedua, terkait dengan status lahan kelapa sawit karena masih banyak petani yang masuk ke kawasan hutan. Ketiga, keberlanjutan usaha. Ketiga hal ini harus menjadi perhatian kita semua,” tambahnya.

Di sisi lain, Moeldoko menjelaskan bahwa pemerintah sedang memperkuat hilirisasi sawit melalui program biodiesel wajib yang dimulai sejak 2015.

“Mulai dari B15, B20, B30, dan saat ini menuju B35. Ke depannya, Indonesia akan menerapkan B40, B50, hingga B100 dengan komposisi biodiesel fame dan green fuel, yang merupakan produk hilir tingkat lanjut dari minyak sawit untuk bahan bakar terbarukan,” ungkap Moeldoko.

Moeldoko menambahkan bahwa Indonesia sedang merencanakan pengembangan pelet bungkil kelapa sawit sebagai bahan bakar dari limbah.

“Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan bauran energi terbarukan biomassa untuk mencapai target Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060,” ujarnya.

“Itu adalah beberapa langkah yang sedang dan akan dilakukan oleh pemerintah dalam menata masa depan kelapa sawit Indonesia,” pungkas Moeldoko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *