June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Pesawat Tempur TNI AU Mengalami Kecelakaan di Pasuruan

1 min read

tabloidpengusaha.com – Sebuah pesawat milik TNI AU dilaporkan jatuh di wilayah Pasuruan, Jawa Timur. Jurnalis Transmedia di Pasuruan, Irsya Priyongko, mengabarkan pesawat tempur tersebut jatuh berdasarkan kesaksian warga sekitar.

“Kebetulan di daerah situ banyak tebing. Dan kebetulan banyak warga yang melihat ada pesawat yang menabrak tebing,” demikian reportase jurnalis Transmedia Irsya Priyongko dalam laporan langsung CNN Indonesia TV, Kamis (16/11) siang.

Pada sebuah rekaman video yang muncul di media sosial, pesawat itu bernomor ekor TT-3103.

“Untuk saat ini belum dapat dipastikan pesawat itu berasal dari mana. Namun, dari video amatir ada nomor lambung tersebut,” ujar Irsya.

Dia pun menyatakan pihak kepolisian sedang mencoba mencari lokasi jatuhnya pesawat tersebut.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama Agung Sasongkojati mengaku belum tahu informasi itu.

“Saya belum tahu, belum tahu,” kata Agung kepada CNNIndonesia.com.

Berdasarkan penelusuran di laman TNI AU, nomor seri tersebut digunakan untuk pesawat jenis Super Tucano.

Pesawat tempur taktis itu buatan Brazil yang memiliki kemampuan serang antigerilya (counter-insurgency). Pesawat itu juga memiliki kemampuan pengendali udara depan (forward air control), dukungan udara dekat (close air support), penyekatan, dan pertahanan udara yang berkecepatan rendah sehingga dapat melakukan identifikasi musuh di medan perang.

Selain itu, Super Tucano mempunyai kemampuan tambahan sebagai pesawat latih dan fungsi pengawasan udara (air surveillance).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *