June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Ratusan Mahasiswa Stanford Menghadiri Kuliah Tamu dari Jokowi

2 min read

tabloidpengusaha.com – Ratusan mahasiswa dari Stanford University menghadiri kuliah tamu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Stanford Doerr School of Sustainability di California, Amerika Serikat, pada Rabu (15/11) waktu lokal. Mahasiswa yang hadir tidak hanya berasal dari Indonesia, tetapi juga dari negara lain.

Berdasarkan pantauan CNN Indonesia, para mahasiswa telah tiba di tempat acara sejak pukul 12.00 waktu setempat. Ira, salah satu mahasiswa Indonesia, menyatakan keinginannya untuk mendengar langsung apa yang akan disampaikan Jokowi dalam kuliah singkat tersebut.

“Kita ingin presiden nanti menyampaikan apa di sini, apalagi kalau memang isunya soal keberlanjutan,” ujar Ira.

Mayoritas mahasiswa yang hadir mengenakan batik. Panitia juga menyediakan alat penerjemah bagi peserta mahasiswa dan akademisi Stanford yang hadir karena Jokowi memberikan kuliah singkat berbahasa Indonesia.

Dalam paparannya, Jokowi membanggakan proyek Ibu Kota Nusantara yang saat ini sedang dibangun. Jokowi menyebut Nusantara sebagai kota pintar dan berkelanjutan.

Jokowi awalnya membahas mengenai perubahan iklim, menyatakan bahwa dunia saat ini mengalami kesulitan. Perubahan iklim dan transisi energi dianggapnya sebagai hal yang sangat mendesak.

“Kita tahu dunia tengah sakit. Perubahan iklim dan transisi energi hal yang sangat mendesak,” kata Jokowi.

Presiden kemudian menyinggung komitmen negara-negara di dunia dalam penanggulangan perubahan iklim. Untuk Indonesia, ia menegaskan bahwa tidak perlu ragu karena langkah-langkah sudah dijalankan selama ini, bukan hanya sekadar pernyataan semata.

“Indonesia walk the talk bukan lagi talk the talk,” tegas Jokowi.

Presiden memfokuskan pembicaraan pada keberlanjutan terkait perubahan iklim, menyatakan bahwa pihaknya membawa isu tersebut ke hal-hal yang nyata.

Ia memberikan contoh beberapa penerapan konsep keberlanjutan di Stanford. Oleh karena itu, Arun menyatakan kesiapannya untuk bekerja sama dalam hal riset dengan Indonesia terkait Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sejumlah menteri, pejabat, dan pengusaha turut mendampingi Jokowi, termasuk Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Patrick Walujo, Shinta Kamdani, Anindya Bakrie, Nicke Widyawati, Kartika Wirjoatmodjo, Roderick Purwana, Yukki Hanafi, Tonny Wenas, dan Rachmat Kaimuddin.

Kehadiran Jokowi juga untuk menyaksikan penandatanganan Mou antara Otorita IKN dengan Stanford untuk pengembangan IKN Nusantara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *