June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Bukan Hanya Bantuan Hukum, Perlindungan Keamanan Firli Bahuri Juga Dipertimbangkan

1 min read

tabloidpengusaha.com – Perlindungan keamanan terhadap Komisioner nonaktif KPK Firli Bahuri, yang menjadi tersangka dalam kasus pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), ditarik oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Aturan perlindungan keamanan tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 29 Tahun 2006, yang memberikan perlindungan meliputi tindakan pengawalan, persenjataan, dan perlindungan terhadap keluarganya.

Pelaksanaan perlindungan keamanan dilakukan sesuai dengan kebutuhan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Selain itu, KPK juga telah menegaskan keputusan untuk tidak memberikan bantuan hukum kepada Firli. Keputusan ini diambil dalam rapat pimpinan dan pejabat struktural terkait yang diselenggarakan pada Selasa (28/11).

Ali Fikri, Kabag Pemberitaan KPK, menjelaskan bahwa keputusan tersebut merujuk pada Peraturan Pemerintah terkait Hak, Keuangan, Kedudukan, Protokol, dan Perlindungan Keamanan Pimpinan KPK. Menurutnya, bantuan hukum dan perlindungan keamanan hanya diberikan terkait dengan pelaksanaan tugas dan wewenang KPK.

Rapat pimpinan membahas masalah ini dan menyimpulkan bahwa dugaan tindak pidana yang sedang diproses di Polda Metro Jaya tidak sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah yang berlaku, sehingga KPK memutuskan untuk tidak memberikan bantuan.

Firli Bahuri telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi, termasuk pemerasan terhadap SYL oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Akibat status tersebut, Firli dicopot sementara dari jabatannya sebagai Ketua KPK dan dinonaktifkan sebagai komisioner. Komisioner Nawawi Pomolango ditunjuk sebagai Ketua KPK sementara menggantikan Firli. Nasib Firli ke depan akan ditentukan oleh proses hukum di Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan pemerasan terhadap SYL. Firli dapat dipecat apabila terbukti bersalah di pengadilan atas kasus yang sedang berjalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *