June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Jokowi Mengakui Tantangan Sulit Mencegah ‘Banjir’ Uang Triliunan di Akhir Tahun

1 min read

tabloidpengusaha.com – Presiden Jokowi mengakui kesulitan dalam mencegah ‘banjir’ dana APBN dan APBD triliunan rupiah di akhir tahun. Ia menyatakan bahwa telah berulang kali memberikan peringatan kepada para pembantunya agar realisasi belanja pemerintah pusat dan daerah dapat dipercepat di awal tahun guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

Namun, hingga saat ini, upaya tersebut belum sepenuhnya berhasil. Hal ini tercermin dari realisasi belanja APBN yang baru mencapai 74 persen dan APBD yang masih 64 persen dalam tiga minggu terakhir menjelang penutupan tahun 2023.

“Realisasikan secepat-cepatnya. Ini sudah tinggal tiga minggu masih 64 persen sama 74 persen realisasi. Artinya ada tiga minggu ini akan keluar uang bertriliun-triliun. Ini kita ulang-ulang terus tiap tahun,” kata Jokowi dalam Penyerahan Digital Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) 2024 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (29/11).

Meskipun Jokowi sudah menyampaikan harapan agar belanja APBN dan APBD dapat segera direalisasikan di awal tahun, ia mengakui kesulitan dalam mengubah kebiasaan belanja para pimpinan kementerian/lembaga (K/L) dan menuntut percepatan realisasi belanja dari kepala daerah.

“Sejak awal saya ingin mengubah ini, tapi ternyata saya cek lagi masih (belanja tetap menumpuk di akhir tahun),” ungkap Jokowi.

“Memang mengubah cara kerja, mengubah mindset tidak mudah. Sekali lagi, eksekusi sesegera mungkin, lakukan belanja sesegera mungkin awal tahun,” tambahnya di hadapan para menteri dan kepala daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *