June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Jokowi: Tahun 2024 Menandai Akhir Masa Pemerintahan, Fokus pada Penyelesaian Pembangunan!

2 min read

tabloidpengusaha.com – Presiden Jokowi mendorong para menteri dan pejabat daerah untuk menyelesaikan pembangunan menjelang tahun terakhir pemerintahannya pada 2024. Ia mengajak para pejabat pemerintah daerah untuk terus memperkuat sinergi dengan pemerintah pusat, sehingga Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dapat selaras dengan kebijakan nasional.

“Pada tahun 2024, sebagai tahun terakhir masa pemerintahan periode ini, saya menginginkan optimalisasi anggaran dan penyelesaian agenda pembangunan yang masih berlangsung untuk membentuk dasar bagi pemerintahan yang akan datang,” ujar Jokowi dalam acara Penyerahan Digital Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) 2024 di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Rabu (29/11).

Jokowi menekankan perlunya keselarasan pembangunan di daerah dengan inisiatif pemerintah pusat. Ia memperingatkan agar tidak ada pejabat pemerintah daerah yang tidak aktif dalam mendukung pembangunan di wilayahnya masing-masing.

Sebagai contoh, Jokowi menyebutkan bahwa jika pemerintah pusat membangun waduk di suatu daerah, pemerintah daerah setempat harus aktif dalam pembangunan irigasi. Begitu pula ketika pelabuhan besar dibangun di berbagai lokasi, ia ingin jaringan jalan provinsi hingga kabupaten/kota diperbaiki untuk memastikan konektivitas yang baik.

“Jangan sampai pembangunan jalan kota tidak disambungkan dengan kawasan industri, pariwisata, dan pertanian. Ini penting untuk ditekankan lagi: sinergi dan harmonisasi. Mari kita pastikan semuanya berjalan seiring. Manfaatkan dana transfer daerah untuk meningkatkan layanan publik,” tegasnya.

Selain pembangunan infrastruktur, Jokowi juga mengajak pemda untuk memprioritaskan sektor pendidikan dan kesehatan. Ia mendesak pengembangan alternatif inovatif dalam hal pembiayaan.

Jokowi juga mengingatkan para pejabat pemda untuk menjaga iklim investasi, yang dianggapnya sebagai kunci pertumbuhan ekonomi saat ini. “Jaga investasi, karena kunci pertumbuhan ekonomi saat ini hanya satu, yaitu investasi. Aspek lainnya cukup sulit. Kunci utamanya adalah investasi. Oleh karena itu, kita harus menjaga iklim investasi di seluruh daerah,” tandas Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *