June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

NASA Menangkap Sinyal Laser dari Pesawat Antariksa pada Jarak 16 Juta Km

2 min read

tabloidpengusaha.com – Badan Antariksa AS NASA Mendeteksi Sinyal Laser dari Pesawat Antariksa Psyche pada Jarak 16 Juta Km

Pesawat antariksa yang sedang dalam misi menuju asteroid logam misterius, Psyche, berhasil memancarkan sinyal laser yang dideteksi oleh Badan Antariksa AS NASA pada jarak 16 juta kilometer dari Bumi. Keberhasilan ini menjadi pencapaian pertama dalam pengujian sistem Komunikasi Optik Antariksa Dalam (DSOC) milik NASA.

DSOC, alat komunikasi generasi berikutnya, menggunakan sinar laser sebagai medium untuk mengirimkan informasi antarplanet, menggantikan gelombang radio. Momen yang terjadi pada 14 November menandai langkah penting dalam percepatan komunikasi di luar angkasa.

Abi Biswas, ahli teknologi proyek sistem di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA, California, menyatakan, “Meraih cahaya pertama adalah pencapaian yang luar biasa. Sistem di darat berhasil mendeteksi foton laser luar angkasa dari DSOC. Dan kami juga dapat mengirimkan beberapa data, yang berarti kami dapat bertukar ‘sedikit cahaya’ dari dan ke luar angkasa.”

NASA telah melakukan serangkaian tes untuk meningkatkan komunikasi di luar angkasa, dan DSOC diharapkan membawa manfaat besar. Jika berhasil, para astronaut pada masa depan, termasuk misi ke Bulan atau Mars, dapat menggunakan sinar laser sebagai sarana untuk melakukan kendali di darat.

Proses pengujian dimulai di Fasilitas Table Mountain JPL, di luar Los Angeles, California. Suar uplink, laser inframerah dekat, diarahkan ke arah Psyche. Pemancar di Psyche menerima laser dan meneruskan sinyalnya kembali ke Observatorium Palomar dekat San Diego.

Penggunaan sinar laser, dengan panjang gelombang lebih pendek dibandingkan gelombang radio, dapat meningkatkan jumlah informasi yang dapat dikirimkan per satuan waktu hingga 100 kali lipat. Pengujian ini adalah langkah awal menuju penggunaan sinar laser dalam misi luar angkasa yang lebih efisien.

Para insinyur akan terus menguji sistem DSOC selama perjalanan Psyche menuju asteroid dengan nama yang sama, 16-Psyche, di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter. Psyche diharapkan tiba di sana pada tahun 2029, menghabiskan 29 bulan untuk mengamati asteroid metalik tersebut. Misi ini bertujuan untuk mempelajari inti Bumi yang diduga kuat memiliki unsur logam, serupa dengan asteroid yang menjadi fokus misi, 16-Psyche.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *