June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Pertamina Menyarankan Pelarangan Pengisian Pertalite di SPBU untuk Kendaraan yang Tertunggak Pajak

2 min read

tabloidpengusaha.com – Pertamina Mengusulkan Kendaraan yang Tertunggak Pajak Dilarang Mengisi BBM Subsidi

Pertamina mengajukan usulan kepada pemerintah daerah untuk membuat mekanisme yang melarang pemilik kendaraan yang belum membayar pajak mengisi BBM subsidi, termasuk Pertalite dan Biosolar. Alasan di balik usulan ini adalah kendaraan dengan status seperti itu dianggap tidak berhak memperoleh subsidi BBM.

Manajer Komunikasi dan CSR Pertamina Patra Niaga Wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, Ahad Rahedi, menyampaikan usulan ini kepada Pemerintah Provinsi Bali. Ia juga mengungkapkan bahwa sistem serupa telah diterapkan di Lampung dan Jawa Barat, dan rencananya akan dijajaki di Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Bali.

“Harapannya meningkatkan serapan pajak dan mengurangi potensi penyerapan BBM subsidi yang digunakan oleh pihak yang tidak berhak,” ujar Ahad di Denpasar pada Selasa (28/11), seperti dilaporkan Antara.

Ahad menjelaskan bahwa akan ada petugas khusus yang secara manual akan mengawasi pelat nomor kendaraan yang masuk ke SPBU dan memeriksa status pajaknya melalui sistem pajak daerah. Jika terbukti menunggak pajak, kendaraan tersebut akan dilarang mengisi BBM subsidi dan langsung diarahkan ke antrean BBM non-subsidi.

Dia juga menyatakan kemungkinan dibuatnya layanan pembayaran pajak di SPBU untuk para penunggak, sehingga mereka dapat langsung melunasi kewajiban yang tertunda.

“Pemprov Jawa Timur sedang kami jajaki melalui Dispenda (Dinas Pendapatan Daerah). Bali juga diharapkan dapat segera terlaksana karena inisiatif ini tidak bisa hanya datang dari kami. Kami siap berkolaborasi,” tambahnya.

Menurut Ahad, mekanisme seperti ini dapat membantu meningkatkan kepatuhan pembayaran pajak daerah, dan bagi Pertamina, dapat memastikan penyaluran BBM subsidi tepat sasaran.

Pertamina saat ini tengah melaksanakan program Subsidi Tepat untuk memastikan BBM subsidi dimanfaatkan oleh masyarakat yang memenuhi syarat. Warga yang ingin menggunakan BBM subsidi harus mendaftar diri dan kendaraannya ke Pertamina secara online atau manual. Setelah diverifikasi, mereka akan mendapatkan kode QR untuk pengisian BBM subsidi.

Berdasarkan data Pertamina Patra Niaga per 19 November 2023, jumlah pendaftar sudah mencapai hampir 7,9 juta kendaraan. Sebanyak 6,1 juta kendaraan diterima, sedangkan 704 ribu kendaraan ditolak karena berbagai alasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *