June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Potensi Merek Kendaraan Listrik Lokal Indonesia: Kreativitas Anak Bangsa

1 min read

tabloidpengusaha.com – Pakar otomotif dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Yannes Martinus Pasaribu, menyatakan bahwa Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan merek kendaraan listrik lokal yang diciptakan oleh anak bangsa. Menurut Yannes, kemungkinan terwujudnya kendaraan listrik lokal sangat besar karena Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, seperti nikel, kobalt, dan litium, yang merupakan bahan utama untuk baterai kendaraan listrik. Selain itu, posisi strategis Indonesia dalam pengembangan ekosistem industri otomotif di kawasan Asean juga menjadi salah satu faktor mendukung.

Yannes menilai bahwa potensi anak bangsa yang sedang diberdayakan untuk bersaing di industri otomotif memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian Indonesia. Program riset hilirisasi otomotif di berbagai universitas di Indonesia, yang mencakup desain, teknik otomotif, dan manufaktur, dianggap sebagai upaya persiapan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang tersebut.

Pentingnya persiapan SDM ini diakui oleh Yannes, yang menekankan bahwa pemerintah harus mempersiapkan anak bangsa agar dapat bersaing dengan negara-negara maju. Hal ini dianggap sebagai langkah krusial untuk kemajuan industri otomotif Indonesia. Dengan demikian, ketergantungan pada negara-negara pemasok kendaraan asing diharapkan dapat dikurangi.

Yannes juga mengungkapkan bahwa untuk menciptakan ekosistem kendaraan listrik lokal, dukungan penuh dari masyarakat Indonesia diperlukan. Pemerintah juga diharapkan untuk memberikan kemudahan dan insentif khusus guna mendukung kendaraan buatan anak bangsa. Seiring dengan itu, dia menyoroti pentingnya pembuatan roadmap yang matang untuk menghidupkan ekosistem otomotif lokal, yang walaupun tidak mudah, harus menjadi fokus perhatian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *