June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Aismoli Mengungkap Alasan Penjualan Sepeda Motor Listrik Menurun

1 min read

tabloidpengusaha.com – Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) Budi Setiyadi menyatakan bahwa salah satu alasan rendahnya penyerapan sepeda motor listrik baru, meskipun telah diberikan insentif sebesar Rp7 juta oleh pemerintah, adalah minimnya jumlah dealer. Menurutnya, penyebaran dealer yang belum merata di seluruh daerah menjadi kendala utama.

“Saya rasa, faktor internal utamanya adalah ketidakmerataan dealer di seluruh wilayah. Saya tadi pagi dihubungi dari Jember yang bertanya tentang pembelian motor listrik subsidi, ternyata di Jember belum tersedia, padahal Jember adalah kota besar di Jawa Timur,” ujar Budi Setiyadi, Ketua Umum Aismoli, saat berbicara dalam acara Inabuyer EV Expo 2023 di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta, pada Rabu (29/11).

Menurut Budi, keterbatasan jumlah dealer menjadi penyebab rendahnya adopsi kendaraan listrik.

Di sisi lain, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga menyebutkan bahwa salah satu permasalahan adalah minimnya jumlah bengkel motor listrik. Saat ini, baru ada 29 bengkel sepeda motor listrik yang dapat melayani 66 ribu sepeda motor listrik di Indonesia.

Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa pemerintah terus berupaya menerapkan kebijakan untuk menurunkan emisi gas rumah kaca dan polusi udara melalui program sepeda motor listrik.

Dalam konteks ini, Indonesia masih menjadi tujuan investasi utama di sektor industri otomotif, menduduki peringkat ke-11 dunia dalam produksi kendaraan bermotor pada tahun 2022.

“Diharapkan peluang ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan investasi dan kontribusi ekonomi,” tambahnya. Oleh karena itu, Budi Karya Sumadi berharap pertumbuhan sepeda motor listrik terus berkembang di Indonesia, menjadi motivasi bagi para pengguna transportasi di negara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *