June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Aksi Protes Buruh di Kota Bekasi, Jalan Ahmad Yani Sempat Terhalang oleh Massa

1 min read

tabloidpengusaha.com – Massa buruh yang melakukan demonstrasi di Kota Bekasi, Kamis (30/11) siang, sempat menghambat lalu lintas di ruas Jalan Ahmad Yani. Informasi ini tersebar di media sosial, termasuk unggahan dari akun Instagram @infobekasi.coo. Dalam unggahan tersebut, terlihat massa buruh berkumpul di tengah jalan, mengakibatkan terhentinya pergerakan kendaraan.

Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kota, Kompol Erna Ruswing, mengonfirmasi pemblokiran jalan oleh massa buruh dari kabupaten yang bergerak menuju kota. “Pemblokiran jalan ini menyebabkan kemacetan, namun petugas sudah berada di lokasi untuk mengurai kepadatan,” kata Erna.

Menurut keterangan dalam unggahan, Jalan Ahmad Yani telah dibuka kembali, memungkinkan lintasan kendaraan. “#InfoUpdate12.29 WIB Massa buruh sudah tidak memblokade Jalan Ahmad Yani,” demikian disampaikan dalam unggahan tersebut.

Presiden KSPI dan Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, sebelumnya menyatakan bahwa buruh melakukan aksi mogok nasional awalan pada hari itu di berbagai wilayah. Mogok dijadwalkan berlangsung dari pukul 09.00 WIB hingga selesai. Said menjelaskan bahwa mogok ini akan berakhir ketika gubernur memastikan tidak ada perubahan dalam kenaikan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) dari rekomendasi nilai yang diajukan oleh bupati dan walikota di masing-masing daerah.

Dalam aksi tersebut, buruh memiliki dua tuntutan. Pertama, mereka menuntut revisi UMP DKI dari 3,6 persen mendekati 15 persen. Kedua, buruh menuntut diberlakukan UMK sesuai dengan rekomendasi dari Bupati dan Walikota, berkisar antara 10 hingga 14,2 persen. Said menegaskan bahwa jika gubernur nekat untuk mengubah dan tidak mengikuti rekomendasi yang ada, mereka akan melanjutkan Mogok Nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *