June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Indonesia Batal Mengimpor Beras dari China karena Perbedaan Harga

1 min read

tabloidpengusaha.com – Pemerintah Membatalkan Impor 1 Juta Ton Beras dari China karena Harga yang Terlalu Tinggi

Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi, menyatakan bahwa pemerintah membatalkan rencana impor 1 juta ton beras dari China karena harga yang terlalu tinggi. Sebagai alternatif, pemerintah berencana mengimpor beras dari Myanmar, Thailand, dan Vietnam.

“Tidak ada (dari China). Harganya tidak sesuai. Jadi, kita memilih dari Myanmar,” ujar Arief di Istana Kepresidenan pada Rabu (29/11).

Arief menjelaskan bahwa total impor beras dari Myanmar mencapai 100 ribu ton dari kuota impor beras tambahan tahun ini sebanyak 1,5 juta ton. Dari total kuota tersebut, 1 juta ton sudah masuk, dan sisanya diharapkan dapat tiba pertengahan Januari 2024.

Mayoritas dari 1 juta ton beras impor yang sudah masuk berasal dari Thailand dan Vietnam. “Sebagian besar dari Vietnam dan Thailand, sekitar 40:40, sisanya 20 dari negara lain. Jadi, 80 persen berasal dari Vietnam dan Thailand,” kata Arief.

Sebelumnya, Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso, menyampaikan bahwa China bersedia membantu Indonesia memenuhi kebutuhan beras di tengah potensi paceklik El Nino. Namun, tawaran tersebut tidak terwujud karena harga yang dianggap terlalu tinggi oleh pemerintah Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *