June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

NASA Mendeteksi Sinyal Laser dari Pesawat Antariksa pada Jarak 16 Juta Km

2 min read

tabloidpengusaha.com – Badan Antariksa AS NASA Mendeteksi Sinyal Laser dari Pesawat Antariksa Psyche pada Jarak 16 Juta Km

Pesawat antariksa ini, yang sedang menjalankan misi menuju asteroid logam misterius, berhasil mengirimkan sinyal laser dari instrumennya yang diluncurkan oleh Badan Antariksa AS NASA. Keberhasilan pengujian sistem Komunikasi Optik Antariksa Dalam (DSOC) pada 14 November menandai tonggak sejarah dalam perkembangan teknologi komunikasi antarplanet. DSOC, sebagai alat komunikasi generasi berikutnya, mengadopsi sinar laser sebagai metode pengiriman informasi, menggantikan gelombang radio.

Abi Biswas, ahli teknologi proyek sistem di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA, California, menyatakan keberhasilan dalam mendeteksi foton laser luar angkasa dari DSOC sebagai pencapaian luar biasa. Dalam pernyataannya yang dikutip dari Space, Biswas menjelaskan bahwa sistem di darat mampu mengirimkan beberapa data melalui sinar laser, membuka peluang untuk pertukaran informasi yang lebih efisien di luar angkasa.

Proses pengujian DSOC dimulai di Fasilitas Table Mountain JPL, luar Los Angeles, California. Suar uplink, berupa laser inframerah dekat, diarahkan ke arah Psyche. Setelah sekitar 50 detik, pemancar di Psyche berhasil menerima laser dan meneruskan sinyal lasernya kembali ke Observatorium Palomar dekat San Diego. Uji coba ini merupakan pengujian terjauh dan terberat untuk komunikasi laser di luar angkasa.

Jika teknologi ini berhasil, para pejabat NASA berharap bahwa dalam dekade-dekade mendatang, para astronaut pada misi ke Bulan atau Mars dapat memanfaatkan sinar laser sebagai sarana untuk melakukan kendali di darat. Keberhasilan uji coba pada 14 November dianggap sebagai “cahaya pertama” untuk DSOC, dan para insinyur akan terus menguji sistem ini selama perjalanan Psyche ke asteroid yang akan dicapai pada 2029. Misi ini memiliki tujuan untuk mempelajari asteroid logam, 16-Psyche, yang diduga memiliki kemiripan dengan inti logam yang diduga ada di dalam Bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *