June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Pembukaan COP 28 Hari Ini, Fokus Pada 4 Isu Utama Perubahan Iklim

2 min read

tabloidpengusaha.com – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) COP28 Akan Dimulai Hari Ini di Dubai, Uni Emirat Arab, Hingga 12 Desember 2023. Apa yang Akan Menjadi Sorotan dalam Forum Iklim Ini?

COP28 adalah pertemuan tahunan PBB ke-28 yang membahas langkah-langkah untuk membatasi perubahan iklim di masa depan, dengan tujuan mempertahankan kenaikan suhu dunia sesuai kesepakatan yang telah ditetapkan.

“Konferensi Para Pihak (COP) terkait Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC) adalah pertemuan puncak iklim internasional yang diadakan setiap tahun, kecuali jika para Pihak memutuskan sebaliknya,” seperti yang diutip dari situs COP28.

  1. Transisi Energi
    Fokus pada bahasa yang akan diadopsi oleh para pemimpin mengenai transisi dari bahan bakar fosil ke energi terbarukan. Transisi ini penting untuk membatasi kenaikan suhu sesuai Perjanjian Paris. Momentum untuk melanjutkan penghentian bahan bakar fosil terus berkembang sejak COP26 di Glasgow.

Komitmen ini diharapkan tercermin dalam respons resmi terhadap “Global Stocktake,” laporan yang menyoroti minimnya upaya global dalam menghadapi krisis iklim, yang diterbitkan pada bulan September.

  1. Kompensasi dan Denda
    COP27 di Mesir tahun lalu sepakat memberikan kompensasi kepada negara-negara yang rentan terhadap perubahan iklim. Operasionalisasi dana baru ini rumit, dengan pertanyaan-pertanyaan terkait pembayaran, penerima manfaat, dan penampungan dana masih harus dijawab.

Kesepakatan yang dicapai pada awal November diharapkan akan diumumkan pada awal COP28.

  1. Kesenjangan Pendanaan Iklim
    Diperlukan aliran dana lebih dari US$3 triliun per tahun pada 2030 untuk mencapai tujuan iklim. Negara-negara berkembang masih belum memenuhi komitmen untuk mendukung mitigasi dan adaptasi. COP28 diperkirakan akan membahas pendanaan baru untuk mencapai target lama sebesar US$100 miliar per tahun.

Konferensi ini juga memberikan peluang untuk mengoperasionalkan klausul 2.1(c) Perjanjian Paris, yang menyerukan “membuat aliran pendanaan konsisten dengan jalur menuju emisi gas rumah kaca yang rendah.”

  1. Metana dan Sistem Pangan
    Metana di atmosfer menjadi penyumbang kedua terbesar terhadap perubahan iklim. Pertemuan khusus tentang gas rumah kaca metana dan non-CO2 diadakan oleh China, Amerika Serikat, dan Uni Emirat Arab. COP28 juga akan menjadi konferensi pertama dengan fokus utama pada sistem pangan, yang menyumbang sepertiga gas rumah kaca manusia.

COP28 juga menyoroti partisipasi pemimpin “subnasional” seperti walikota dan gubernur dalam upaya melawan perubahan iklim. Dengan perkiraan 70 persen penduduk dunia tinggal di kota pada 2050, partisipasi mereka dianggap krusial untuk kemajuan yang berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *