June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Pertamina Patra Niaga Memasok Smooth Fluid untuk PetroChina Jabung

2 min read

tabloidpengusaha.com – PT Pertamina Patra Niaga dan PetroChina International Jabung Ltd menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk penggunaan produk Smooth Fluid (SF) dalam kegiatan pengeboran di Wilayah Kerja (WK) Blok Jabung, Provinsi Jambi. Penandatanganan MoU ini merupakan kerjasama antara dua perusahaan BUMN Indonesia dan China di sektor migas untuk meningkatkan produksi minyak dan gas di Indonesia.

Produk Smooth Fluid, yang berbasis hydrocarbon, dipasok oleh Petrokimia Pertamina. Pengiriman produk SF-05 untuk PetroChina dijadwalkan pada bulan Desember 2023 dengan total 1.600 bbl (barrel). Cairan ini diproduksi di kilang-kilang Pertamina, yaitu Kilang Pertamina Refinery Unit II Dumai, Refinery Unit IV Cilacap, dan Refinery Unit V Balikpapan. Biasanya, Smooth Fluid digunakan dalam kegiatan pengeboran di sektor hulu migas.

Dengan kandungan aromatik dan sulfur yang rendah, Smooth Fluid dianggap lebih ramah lingkungan, aman, dan dapat meningkatkan efektivitas waktu dalam kegiatan pengeboran. Direktur Pemasaran Pusat & Niaga Pertamina Patra Niaga, Maya Kusmaya, menyatakan bahwa Pertamina Patra Niaga memasarkan produk Smooth Fluid untuk memenuhi kebutuhan domestik dan ekspor.

“Produk SF ini digunakan sebagai bahan dasar campuran dalam oil base mud atau lumpur pengeboran berbasis minyak, untuk kegiatan pengeboran onshore maupun offshore, di wilayah kerja KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama),” jelasnya.

Maya menambahkan bahwa melalui kerja sama ini, Pertamina Patra Niaga berusaha mendukung peningkatan ekonomi nasional dengan mengembangkan produk dalam negeri untuk kegiatan operasional hulu migas di Indonesia. Kerja sama ini diharapkan dapat mendorong pengeboran yang lebih efektif dan hasil produksi migas yang lebih banyak. Penandatanganan MoU dilakukan di Forum Kapasitas Nasional (Kapnas) III 2023 di Jakarta oleh Direktur Pemasaran Pusat & Niaga Pertamina Patra Niaga, Maya Kusmaya, dan Vice President SCM PetroChina International Jabung Ltd, Gusminar, dengan disaksikan oleh Wakil Kepala SKK Migas Nanang Abdul Manaf, Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas Rudi Satwiko, dan Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai SKK Migas Eka Bayu Setha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *