June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

TNI Menegaskan Tidak Pernah Mengarahkan Personel untuk Mengawal Firli Bahuri

1 min read

tabloidpengusaha.com – TNI menegaskan bahwa tidak pernah mengerahkan personel untuk pengawalan eks Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Laksamana Muda Julius Widjojono, sebagai respons terhadap pernyataan KPK beberapa waktu lalu. Julius menyatakan bahwa pengamanan objek vital nasional, seperti gedung KPK, sesuai dengan Pasal 7 Ayat 5 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. Julius menekankan bahwa TNI mengerahkan personel untuk mengamankan objek vital, bukan individu, seperti yang diilustrasikan dalam situasi pengamanan kawasan Pertamina atau PLN.

Pada awal Oktober sebelumnya, KPK menyebut bahwa Firli mendapat tambahan pengamanan dari Pusat Polisi Militer (Puspom) TNI setelah ajudannya ditarik Mabes Polri. Pengambilan keputusan tersebut terkait dengan pemeriksaan yang dilakukan oleh penyidik Polda Metro Jaya terhadap ajudan Firli, Kevin Egananta, dalam kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Mabes Polri memutuskan untuk menarik ajudan Firli, Kevin Egananta, untuk kembali bertugas di Bareskrim Polri setelah dua kali pemeriksaan terkait kasus pemerasan. Informasi terakhir menyebutkan bahwa KPK telah mencabut perlindungan keamanan terhadap Firli sebagai konsekuensi dari statusnya sebagai tersangka dalam kasus pemerasan tersebut. Perlindungan keamanan bagi pimpinan KPK diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 29 Tahun 2006 dan mencakup tindakan pengawalan, persenjataan, dan perlindungan terhadap keluarganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *