June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Unilever Rilis Pernyataan Terkait Pengunduran Empat Direksi Secara Bersamaan

2 min read

tabloidpengusaha.com – PT Unilever Indonesia (Tbk) mengumumkan pengunduran diri empat direktur perusahaan dalam kurun lima bulan terakhir. Keempat petinggi perusahaan tersebut, yaitu Alper Kulak sebagai direktur, Ira Noviarti sebagai direktur utama, Shiv Sahgal sebagai direktur, dan Sandeep Kohli sebagai direktur, resmi mundur dari jabatannya antara 15 Juni 2023 hingga 24 November 2023.

Direktur dan Sekretaris Unilever, Nurdiana Darus, menyatakan bahwa pengunduran diri tersebut dilakukan atas alasan pribadi masing-masing direktur. Dalam surat yang ditujukan kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (29/11), Nurdiana menegaskan bahwa pengunduran diri keempat direktur tidak berdampak secara material terhadap kegiatan perseroan. Ia juga memastikan bahwa masa transisi terkait perubahan jajaran direksi perseroan akan dilakukan tanpa mempengaruhi kegiatan usaha.

Unilever menegaskan bahwa meskipun terjadi pergantian direksi, kegiatan usaha perseroan akan tetap berjalan seperti biasa, dengan fokus untuk memberikan kontribusi positif bagi Indonesia. Nurdiana juga mengumumkan bahwa Benjie Yap akan menggantikan Ira Noviarti sebagai direktur utama. Benjie Yap saat ini menjabat sebagai chairman dari Unilever Philippines, Inc., dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di Unilever dan telah menduduki berbagai posisi di bidang Supply Chain, Marketing, dan Customer Development.

Perseroan saat ini sedang dalam tahap seleksi kandidat pengganti untuk ketiga posisi direktur lainnya. Pengumuman kandidat direktur yang akan ditunjuk akan dilakukan melalui mekanisme Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan memperhatikan kebutuhan perseroan. Nurdiana menyatakan keyakinannya bahwa kompetensi dan kemampuan kandidat presiden direktur yang baru serta direktur-direktur yang ada saat ini akan terus berkontribusi pada strategi dan operasi masa depan perseroan.

Unilever menjadi salah satu perusahaan yang terdampak akibat aksi boikot pro Israel yang melanda Indonesia, yang memperparah kinerja keuangan perusahaan yang sudah tertekan. Harga saham emiten berkode UNVR terus mengalami penurunan, mencapai Rp3.630 per Rabu (29/11), sementara pada awal tahun, saham masih mencapai Rp4.620.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *