June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Zulhas, Menteri Perdagangan, Menyakinkan Investor AS untuk Terlibat dalam Proyek IKN

2 min read

http://tabloidpengusaha.com – Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan (Zulhas) mempromosikan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara kepada para investor Amerika Serikat (AS) dalam forum bisnis Indonesia-AS di New York beberapa waktu lalu.

“Pembangunan IKN ini merupakan proyek besar yang membutuhkan investasi dan kolaborasi berbagai pihak,” ungkap Zulhas pada Kamis (30/11).

Zulhas menyatakan bahwa IKN Nusantara, yang terletak di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, memiliki potensi menjadi super hub dengan dilengkapi kawasan industri dan jalur perdagangan strategis.

Selain itu, IKN diharapkan berkontribusi pada perekonomian global sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) pada 2035. Zulhas menekankan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap kuat di tengah ketidakpastian ekonomi global, dengan pertumbuhan sebesar 4,94 persen YoY pada triwulan III 2023 dan inflasi yang terjaga sebesar 2,28 persen pada September 2023.

Dalam konteks ini, Zulhas meyakinkan para investor AS untuk menjajaki peluang perdagangan dan investasi di Indonesia. “Investasi swasta sangat terbuka lebar di berbagai sektor, termasuk sektor pendukung perdagangan seperti infrastruktur, transportasi, dan logistik,” tambahnya.

Selama forum bisnis ini, Zulhas mengucapkan terima kasih atas antusiasme positif dari pelaku usaha dan berharap agar kerja sama antara Indonesia dan AS semakin meningkat. Upaya tersebut sejalan dengan hasil pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Presiden AS Joe Biden, yang telah berkomitmen meningkatkan kerja sama kedua negara dari Strategic Partnership ke Comprehensive Strategic Partnership (CSP).

“Kementerian Perdagangan juga akan bekerja secara berkesinambungan bersama Otorita IKN dan seluruh instansi terkait, dalam menciptakan Ibu Kota Negara Nusantara yang berasaskan pada pemerataan ekonomi, dan memanfaatkan IKN dalam mewujudkan sektor perdagangan yang lebih kuat dan transformatif,” kata Zulhas.

Forum bisnis ini diinisiasi oleh Urbahn Architects, firma arsitektur bergengsi yang bekerja sama dengan Otorita Ibu Kota Negara (OIKN). Rafi Haikal, Director of ASEAN Business Development Urbahn Architects, menyatakan kesiapannya untuk membantu serta memfasilitasi Kemendag dan OIKN bertemu para investor di AS. Haikal menegaskan bahwa Urbahn Architects siap membantu pembangunan dan perkembangan IKN sesuai dengan harapan pemerintah Indonesia.

“Urbahn Architects menyatakan kesiapannya dalam menjembatani desainer, pengembang, dan calon investor ke IKN. Keterlibatan Urbahn Architects dalam pembangunan IKN bertujuan untuk mengintegrasikan standar desain dan pembangunan dengan kualitas arsitektur setingkat New York untuk ibu kota baru Indonesia,” kata Haikal.

Mendampingi Mendag Zulkifli Hasan dalam forum ini adalah Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Djatmiko Bris Witjaksono dan Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Perjanjian Perdagangan Internasional Bara Hasibuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *