June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Bukan Cuma HP, Xiaomi Rilis Mobil Listrik

1 min read

Tabloidpengusaha.com РXiaomi memamerkan produk mobil listrik pertamanya. Perusahaan teknologi China yang terkenal sebagai produsen HP tersebut berambisi menembus posisi lima produsen mobil terbesar dunia.

Mobil listrik pertama Xiaomi adalah sebuah sedan yang diberi nama SU7. SU7 disebut menggunakan sistem operasi yang serupa dengan sistem operasi produk elektronik Xiaomi, termasuk HP.

CEO Xiaomi Lei Jun optimistis mampu mewujudkan ambisinya menjadi produsen mobil besar meskipun baru memasuki industri otomotif di tengah lesunya pasar China. Menurut Reuters, pasar otomotif China yang merupakan terbesar di dunia, kini kelebihan kapasitas di tengah permintaan yang terus menyusut. Akibatnya, produsen otomotif saling banting harga untuk berebut konsumen.

Dia mengatakan Xiaomi¬†berambisi merancang dan memproduksi “mobil impian serupa dengan Porsche dan Tesla.”

“Dengan bekerja keras dalam 15 hingga 20 tahun ke depan, kami akan menjadi salah satu dari 5 produsen otomotif terbesar, berjuang mengangkat industri mobil China secara keseluruhan,” kata Lei seperti dikutip dari Reuters pada Kamis (28/12/2023).

Xiaomi mengikuti jejak perusahaan-perusahaan teknologi lain yang berekspansi ke bisnis kendaraan bermotor listrik. Rencana Xiaomi telah dikabarkan sejak 2021.

Dalam 10 tahun ke depan, Xiaomi berkomitmen mengucurkan US$ 10 miliar (Rp 154,15 triliun) di sektor otomotif.

Lei menyatakan teknologi swakemudi Xiaomi bakal menjadi yang paling terdepan di industri mobil listrik.

Meskipun menggunakan merek Xiaomi, SU7 diproduksi oleh perusahaan otomotif milik negara yaitu BAIC Group. BAIC memiliki pabrik di Beijing yang bisa memproduksi hingga 200.000 unit mobil setahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *