June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Billboard Jadi Strategi Marketing Tingkatkan Brand Awareness

2 min read

Tabloidpengusaha.com – Era digital membuat perusahaan semakin banyak opsi dalam mengatur strategi pemasaran mengiklankan produk atau jasa untuk meningkatkan brand awareness. Salah satunya dengan berinovasi melalui pemasangan iklan di billboard.

Billboard merupakan suatu bentuk media iklan berbayar berupa papan besar yang dapat Anda temui di jalanan. Billboard masuk dalam kategori Out-of-Home Advertising (OOH) yang biasa terpajang di luar ruangan, yakni di jalan tol, pinggir jalan hingga di sekitar gedung dan pusat perbelanjaan.

Billboard memiliki beragam jenis mulai dari LED Digital, Videotron, Neonbox, Kinetic, Prismatext, Geometrics, hingga yang sedang ramai saat ini yaitu 3D Robotic Billboard yang dapat menampilkan visual animasi iklan bergerak sehingga terlihat hidup dengan tampilan 3D.

Ketika berada di tengah kemacetan ataupun menunggu lampu lalu lintas hijau, tak jarang mata pengendara maupun penumpang memperhatikan sekitar jalanan yang dilewati termasuk papan billboard.

Hal ini bisa menjadi pengalihan sekaligus hiburan bagi kita semua saat suntuk di jalan. Pemasangan iklan melalui billboard terbilang efektif untuk meningkatkan awareness suatu brand, karena billboard memiliki impression dan views tinggi dengan banyaknya audiens yang melewati area billboard terpasang.

Melansir OAAA, studi Nielsen memberikan gambaran rinci tentang paparan iklan OOH. Studi tersebut menemukan papan reklame pinggir jalan adalah format OOH yang paling banyak diperhatikan.

Sebanyak 81 persen orang dewasa yang disurvei pernah melihat papan iklan dalam sebulan terakhir. Sementara 55 persen pernah melihat papan iklan digital. Serta 85 persen dari total yang melihat papan reklame memperhatikan pesan iklan tersebut.

Walaupun pemasangan iklan di billboard tergolong mahal, namun efisiensi strategi marketing ini cukup efektif untuk branding awareness. Iklan yang ditampilkan pun harus tetap berinovasi mengikuti tren.

Berikut beberapa strategi yang bisa dijadikan inovasi sebelum memasang iklan di billboard:

Tentukan jenis billboard yang diinginkan

Beragam jenis billboard menentukan konten dan isi campaign yang akan Anda tampilkan di billboard, seperti ketika ingin memasang iklan di videotron, maka lebih baik membuat iklan dalam bentuk video atau TVC singkat mengenai brand yang ingin dipasarkan.

Apabila ingin memasang iklan di billboard jenis neon box, maka buatlah isi konten yang lebih fokus dengan informasi jelas agar pembaca dan audience dapat tersampaikan secara langsung isi pesan iklan tersebut.

Pilih lokasi paling strategis

Menentukan lokasi pemasaran menjadi hal yang paling penting, Anda perlu tahu terlebih dahulu pasar dan target brand Anda dari golongan dan kalangan mana, maka setelahnya Anda bisa menentukan lokasi mana yang paling tepat dan menyesuaikannya dengan anggaran yang tersedia.

Siapkan campaign yang menarik

Membuat konten dan campaign terbaru dari brand yang ingin dipasarkan akan lebih efektif jika menggunakan ide yang di luar nalar. Mengapa begitu? Karena ketika terlihat sesuatu yang plot twist seperti yang bisa membuat pembaca dan audience penasaran, maka mereka akan lebih condong untuk mencari tahu tentang brand yang Anda iklankan. Bisa dibilang, Anda sudah mulai berhasil meningkatkan brand awareness.

Iklan billboard hendaknya dipasang di lokasi strategis tanpa terhalang apapun. Dengan mempromosikan iklan media luar ruang, Anda bisa menjangkau khalayak tanpa gangguan.

Siapkan secara matang sebelum Anda mempromosikan brand yang ingin diiklankan. Selain itu, jangan lupa melakukan survei berkala untuk memastikan materi yang dipasarkan tersampaikan secara jelas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *