June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Edit Foto di Galaxy AI Samsung S24 series Diproses Online, Amankah?

2 min read

Tabloidpengusaha.com – Trio Samsung Galaxy S24, S24 Plus, dan S24 Ultra kini dibekali fitur edit foto berbasis AI yang baru, bernama Generative Edit.

Fitur bawaan Galaxy AI ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan angle, mengatur posisi dan ukuran objek, hingga menghapus objek dalam gambar.

Ketika mengedit, sebagian latar belakang foto (background foto) ada yang terpotong bahkan hilang. Di sinilah peran Generative edit. Fitur ini bisa mengisi “kekosongan” di latar belakang dengan AI generatif.

Foto yang diedit menggunakan Generative Edit ini diproses secara online. Lantas, amankah data pengguna S24 series? Mengingat foto pengguna merupakan suatu hal yang pribadi

MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus mengungkapkan bahwa Samsung berkomitmen menjaga privasi pengguna tetap aman. Misalnya dengan Samsung Knox dan kemitraan dengan Google. “Kami selalu komitmen untuk secure dan privacy melalui Samsung Knox, security untuk on-device. Sementara untuk on-cloud-nya kami kerja sama sama dengan Google,” kata Verry.

Saat ditelusuri lebih jauh, Samsung memberikan informasi bahwa data berupa foto pengguna akan diproses, tapi tidak akan disimpan oleh Samsung. Hal ini diungkap Samsung lewat keterangan di “Advanced intelligence” (kecerdasan tingkat lanjut) di pengaturan Samsung S24 series. Berikut bunyinya:

When you fill background, the image you’re editing, including any sensitive data in it, will be processed, but not stored by Samsung. (Saat Anda mengisi latar belakang, gambar yang sedang Anda edit, termasuk data sensitif apa pun di dalamnya, akan diproses, tapi tidak disimpan oleh Samsung).

Dalam pemberitahuan privasi, Samsung menyebutkan bahwa kecerdasan tingkat lanjut, seperti fitur Generative Edit, perlu mengumpulkan data untuk memberikan hasil yang maksimal. Adapun data yang dikumpulkan seperti informasi akun, informasi perangkat dan aplikasi, serta input pengguna (file media dan teks).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *