June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Riset Ungkap Daya Saing Digital Indonesia Naik Peringkat, Kini di Posisi 45 Dunia

1 min read

Tabloidpengusaha.com – Daya saing digital Indonesia dilaporkan naik ke posisi 45 dunia, berdasarkan riset World Competitiveness Ranking (WCDR 2023). Riset ini dilakukan oleh IMD (International Institute for Management Development) asal Swiss.

Indonesia disebut mencatat peningkatan daya saing digital yang terbilang signifikan, hingga enam peringkat dari posisi 51 dunia di 2022. Bahkan, dalam lima tahun terakhir, daya saing digital Indonesia terus naik hingga 11 peringkat.

“Pada 2019, Indonesia ada di posisi ke-56 dan kini naik ke posisi 45 dunia. Hal ini menunjukkan keberhasilan perbaikan transformasi digital yang signifikan,” tutur Direktur IMD WCC (World Competitiveness Center) Arturo Bris dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (1/2/2024).

Untuk informasi, riset IMD WCC 2023 ini membandingkan peringkat kemapanan daya saing digital dari 64 negara. Riset ini menyebut lima negara dengan saing digital terbaik di 2023 adalah Amerika Serikat, Belanda, Singapura, Denmark, dan Swiss.

Dalam riset ini, Indonesia juga tercatat menunjukkan daya saing digital yang lebih unggul dibandingkan negara Asia lain, seperti India (peringkat 49), Filipina (peringkat 59), dan Mongolia (peringkat 63).

Kendati demikian, untuk wilayah Asia Tenggara, Indonesia masih kalah dari sejumlah negara tetangga, seperti Singapura (peringkat 3), Malaysia (peringkat 33), dan Thailand (peringkat 35).

IMD menilai ada dua faktor utama yang mendongkrak daya saing digital Indonesia. Pertama, pertumbuhan investasi yang agresif disebut berhasil mendongkrak kesiapan digital Indonesia, terutama dari sektor telekomunikasi, perbankan, dan venture capital.

Faktor lain adalah pertumbuhan para entrepreneur teknologi yang ikut menyokong kesiapan teknologi Indonesia di masa depan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *