June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Intip Kisah Inspiratif Pengusaha Muda Sukses di Indonesia

3 min read

Tabloidpengusaha.comPengusaha muda sukses di Indonesia menjadi inspirasi bagi semua orang. Salah satunya adalah Edward Tirtanata yang menjadi CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan, gerai kopi kekinian yang terkenal di Indonesia.

Pria lulusan Northeastern University ini memulai perjalanan bisnisnya dengan membuka gerai teh Bernama Lewis & Carroll Tea bersama rekannya James Prananto. Mulanya, Edward membidik pasar teh premium karena menganggap kopi sudah memiliki banyak pemain. Sayangnya, bisnisnya tidak berjalan dengan gagal.

Dari kegagalannya tersebut, ia pun memutuskan membuat usaha kedai kopi dengan harga terjangkau agar bisa menjangkau pasar lebih luas. Saat ini, gerai Kopi Kenangan telah mencapai lebih dari 800 outlet yang tersebar di Indonesia dan telah mencapai valuasi hingga lebih dari USD 1 miliar.

Dilansir dari berbagai sumber tabloid pengusaha telah merangkum pengusaha muda sukses di Indonesia, sebagai berikut.

Pengusaha Muda Sukses di Indonesia

1. Atina Maulina

Bagi Anda perempuan berhijab, pasti tidak akan asing dengan salah satu brand hijab Vanilla Hijab. Atina Maulina adalah founder dari Vanilla Hijab. Dengan dibantu kakaknya, Atina merintis usaha hijab dan memproduksi hijabnya sendiri. Dan untuk mempromosikannya, Atina melakukan foto produk dan mem-posting-nya melalui instagram.

Berkat kerja kerasnya, sekarang Atina memiliki omset hingga ratusan juta. Vanilla hijab juga pernah satu waktu menjual hijab hingga ribuan dalam hitungan menit, karena banyak sekali peminatnya.

2. Achmad Zaky

Achmad Zaky merupakan mantan Direktur dan Pendiri Bukalapak, salah satu perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia. Zaky memulai perjalanan kewirausahaannya di bangku kuliah dimana ia mengerjakan software perhitungan cepat pemilu untuk stasiun TV ketika ia masih kuliah di ITB. Ia juga pernah membuka usaha kuliner mie ayam dari uang hasil menang lomba sewaktu kuliah. Sayangnya, bisnisnya bangkrut. Setelah lulus dari ITB, Zaky merintis perusahaan konsultasi bernama Suitmedia.

Pada tahun 2010, ia pun mendirikan Bukalapak bersama dua teman baiknya. Meskipun sudah pensiun dari Bukalapak, Zaky masih aktif berkecimpung di dunia startup dengan mendirikan Modal Ventura bernama Init-6 untuk mendanai startup-startup baru.

3. Dea Valencia

Sejak usia 17 tahun, Dea Valencia sudah mulai bergelut di bidang busana batik. Pengusaha muda di industri fashion ini memiliki tujuan yang mulia yaitu memperkenalkan batik ke kalangan remaja dan masih muda.

Di mana, sebagian banyak dari mereka tidak menyukai batik dan enggan untuk menggunakan batik. Batik Kultur adalah batik yang dibuat oleh Dea dengan model yang pas dan disukai banyak remaja. Batik ini menyasar anak muda dan kini telah sukses dengan omzet hingga ratusan juta setiap bulannya.

4. Alamanda Shantika

Alamanda adalah CEO dan pendiri Binar Academy, sekolah coding online. Alamanda telah mengenal dunia coding sejak berumur 14 tahun, dimana ia menggunakan teknik coding untuk menampilkan warna dan bentuk di blog pribadinya.

Sebelum mendirikan Binar Academy, ia pernah bekerja sebagai Vice President of Product Gojek, Head Product Development Engineering di Kartuku, dan Product Design and Engineering Lead di Berrybenka, Chief Activist di FemaleDev, dan Program and Curriculum Advisor di Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.

Pengalamannya bertahun-tahun bekerja di berbagai startup digital yang mendorongnya untuk mendirikan Binar Academy pada tahun 2017 untuk menyediakan talenta digital yang berkualitas. Di saat yang sama, Alamanda juga menduduki posisi Komisaris Independen di Mandiri Capital dan Blue Bird.

5. Hamzah Izzulhaq

Hamzah Izzulhaq memulai bisnis dari jasa bimbingan belajar Bintang Solusi Mandiri di tahun 2011. Saat masih duduk di Sekolah Dasar, jiwa entrepreneur Hamzah sudah terlihat. Ia pernah berjualan kelereng, petasan, dan berbagai macam permainan yang banyak digemari anak seusianya.

Tidak hanya itu, Hamzah juga pernah berjualan koran hingga menjadi ojek payung. Karena ketekunannya dalam bisnis, kini Hamzah melebarkan sayap dengan menekuni bisnis properti dan menjadi menjadi CEO PT Hamasa Indonesia.

6. Felicya Angelista

Felicya Angelista merupakan seorang aktris, penyanyi, dan pengusaha Indonesia. Felicya memulai kariernya sebagai seorang aktris pada usia dini dengan membintangi beberapa sinetron populer seperti Oh Ternyata, Ibrahim Anak Betawi, dan masih banyak lagi. Pada tahun 2017, Felicya meluncurkan produk Feli Skin yang merupakan brand masker wajah dalam bentuk paket. 

Seiring produknya diminati masyarakat, ia pun meluncurkan berbagai produk Scarlett Whitening. Adapun beberapa produk andalannya yang laris dipasaran, antara lain Scarlett Body Lotion, Scarlett Serum, dan Scarlett Shower Scrub. Produknya yang sangat laku di platform e-commerce membuatnya berhasil mencapai nilai transaksi sebesar 36 ribu atau setara dengan nominal Rp2,6 miliar setiap tahun.

Itulah informasi terkait pengusaha muda sukses di Indonesia yang bisa Anda simak, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu terus update berita terkini Anda seputar bisnis dan ekonomi hanya di tabloid pengusaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *