June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Digital Branding Berperan Krusial bagi Sebuah Bisnis

4 min read

Tabloidpengusaha.com – Reputasi online atau digital branding memegang peran krusial dalam mencapai kesuksesan, serta meningkatkan pertumbuhan serta ekspansi sebuah bisnis. Khususnya dalam era digital.

Bahkan, tak jarang sebuah reputasi online yang negatif dalam skala sekecil apapun dapat berdampak besar dalam mengusir pelanggan dan menurunkan trafik bisnis. Oleh karena itu, setiap bisnis harus memiliki kemampuan untuk membangun reputasi yang kokoh dan positif di mata pelanggan.

Reputasi online, yang juga dikenal sebagai reputasi digital, merujuk pada citra sebuah perusahaan, individu, produk, layanan, atau entitas lainnya di dunia internet dan platform digital. Secara sederhana, reputasi online mencakup persepsi yang terbentuk dari pengguna berdasarkan informasi yang dapat ditemukan secara online.

Namun, pemilik bisnis tidak memiliki kendali penuh atas reputasi online mereka. Reputasi digital sangat dipengaruhi oleh dua faktor utama:

  1. Informasi yang disampaikan oleh perusahaan itu sendiri melalui berbagai kanal digital.
  2. Pendapat dan ulasan yang dibagikan oleh pengguna lain di berbagai platform online.

Dalam hal ini, Google My Business menjadi salah satu alat yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola informasi bisnis secara digital. Dengan memanfaatkan Google My Business, bisnis dapat menjangkau pelanggan melalui media sosial dan jejaring internet.

Fitur-fitur yang disediakan oleh Google My Business menjadi daya tarik utama dalam menarik perhatian pelanggan, karena menyediakan informasi yang lengkap mengenai bisnis seperti nama, alamat, e-mail, jam operasional, nomor telepon, foto, video, website, dan ulasan pelanggan.

“Sebagai salah satu situs web yang paling populer saat ini, Google telah menguasai lebih dari 92 persen pangsa pasar dalam search engine. Hal ini menjadikan Google sebagai platform yang paling sering dikunjungi oleh pengguna di seluruh dunia ketika melakukan pencarian atau beraktivitas online. Sehingga penting bagi para pelaku bisnis untuk mengoptimalkan online presence bisnis mereka,” ujar CEO PT Tap Talk Teknologi Ritchie Nathaniel.

Berikut adalah beberapa manfaat utama dengan membangun reputasi online melalui Google My Business:

Peningkatan visibilitas

Google My Business berperan penting dalam meningkatkan visibilitas bisnis di dunia digital, terutama di berbagai layanan yang disediakan oleh Google. Profil bisnis dapat muncul dalam hasil pencarian Google, Google Maps, dan Google Shopping. Keuntungan ini memungkinkan lebih banyak orang melihat bisnis Anda secara online, meningkatkan potensi minat dan transaksi pelanggan di toko Anda.

Promosi bisnis

Google My Business dapat digunakan sebagai platform promosi bisnis secara gratis. Dengan membuat profil bisnis di Google My Business, Anda dapat memperluas pemahaman masyarakat mengenai keberadaan perusahaan Anda dan informasi lain yang relevan dengan bisnis Anda.

Terutama, promosi bisnis dapat dilakukan melalui layanan Google lainnya, seperti Google Maps yang digunakan oleh lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia. Melalui Google My Business, bisnis Anda memiliki peluang untuk dipromosikan melalui platform pemetaan digital yang populer ini, baik secara lokal maupun global, sehingga pelanggan akan lebih mudah menemukan lokasi bisnis Anda.

Akuisisi pelanggan

Dengan memanfaatkan Google My Business, Anda bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan untuk toko Anda. Terutama, lokasi toko Anda dapat dengan mudah ditemukan melalui layanan Google Maps. Ini memungkinkan siapapun untuk dengan cepat dan mudah menemukan toko fisik Anda.

Selain meningkatkan penjualan, Google My Business juga membantu menciptakan kredibilitas positif bagi bisnis Anda. Dengan menyajikan informasi bisnis yang jelas dan terpercaya, pelanggan akan lebih yakin untuk membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Peningkatan peringkat di search engine

Google My Business dapat membantu meningkatkan peringkat bisnis Anda di mesin pencari, terutama di Google yang merupakan salah satu mesin pencari terpopuler di dunia. Melalui fitur-fitur yang ditawarkan, Google My Business membantu memperbaiki visibilitas dan pencarian bisnis Anda oleh pelanggan ketika mereka mencari produk atau layanan yang relevan di internet.

Selain itu, dengan membuat profil Google My Business, Anda juga dapat meningkatkan SEO lokal untuk bisnis Anda. Profil bisnis lokal lebih mungkin muncul ketika orang mencari bisnis terdekat menggunakan Google Maps, sehingga selain meningkatkan penjualan di toko fisik, SEO juga dapat membawa lalu lintas ke website toko online Anda.

Feedback pelanggan

Keunggulan lain dari Google My Business adalah kemampuan untuk mendapatkan ulasan dari pelanggan. Fitur ulasan yang disediakan oleh Google My Business memungkinkan pelanggan yang mengunjungi toko fisik Anda untuk memberikan pendapat dan pengalaman mereka secara jujur.

Ulasan positif dari pelanggan dapat memberikan manfaat besar bagi bisnis Anda, meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen, serta membawa pelanggan baru. Selain itu, Anda juga dapat berinteraksi dengan pelanggan melalui fitur ulasan tersebut, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesadaran merek dari bisnis Anda.

Dengan membangun reputasi online yang baik melalui Google My Business bisnis akan mendapat manfaat yang signifikan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis di era digital saat ini. Dengan meningkatkan visibilitas, mempromosikan bisnis, mengakuisisi pelanggan, meningkatkan peringkat di search engine, dan mendapatkan feedback yang positif dari pelanggan, bisnis Anda dapat mencapai keberhasilan jangka panjang dalam dunia digital yang kian kompetitif ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *