June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Bisa Ditiru! Jokowi Bocorkan Rahasia Sukses Jadi Pengusaha

2 min read

Tabloidpengusaha.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bercerita mengenai dirinya saat menjadi pengusaha. Menurutnya perjuangan yang dilakukan tak mudah hingga harus bekerja seharian penuh.

Jokowi bercerita pada saat menjadi pengusaha dia sampai rela untuk bekerja banting tulang tak kenal waktu. Ia mengatakan di saat temannya bekerja dari jam 8 pagi ke 4 sore, dia justru bekerja dari subuh sampai malam.

“Saya berikan contoh saya dulu waktu memulai usaha temen saya bekerja jam 8 – 4 sore. kalau saya ikuti mereka jam 8 – 4 gak mungkin lah kita bisa bersaing sehingga saya bekerja dari subuh sampai tengah malam,” kata Jokowi di Kota Bekasi.

Jokowi mengatakan hal itu yang membuat dirinya berhasil berjualan hingga ke Jakarta bahkan ekspor. “Karena kerja keras. karena semangat kerja. dan jangan lupa disiplin kalau disiplin kalau kita sudah janji hari Senen nyicil ngangsur hari Senen harus angsur. Bener,” katanya.

Kepada pada nasabah PNM Mekaar, Jokowi menitipkan pesan khusus soal kedisiplinan membayar cicilan. Menurutnya, karakter disiplin perlu dibangun bila ingin naik kelas jadi pengusaha.

“Jangan lupa disiplin. Kalau kita sudah janji Senin nyicil, hari Senin angsur, ya hari Senin angsur. Itu yang harus mulai kita bangun sebuah karakter yang disiplin. Kalau kita disipilin nanti naik kelas,” kata Jokowi.

Ketika cicilan lancar, lanjut Jokowi para nasabah Mekaar tentunya akan lebih mudah dipercaya perbankan untuk mendapatkan pinjaman yang lebih besar

Dia bilang bila memang disiplin mencicil pinjaman yang kecil macam PNM Mekaar, pengusaha-pengusaha kecil akan terbiasa bila diberikan pinjaman yang besar sekalian.

“Bapak ibu katakanlah ngambil Rp 5 juta, begitu ibu disiplin terus-menerus, ibu bisa mengambil nanti sampai masuk perbankan, bisa ngambil Rp 1 miliar, bisa ambil Rp 10 miliar, bisa ngambil Rp 100 miliar, karena sudah terbiasa disiplin,” kata Jokowi.

“Itu yang harus mulai kita bangun karakter yang disiplin kalau kita disiplin naik kelas. Katakanlah bapak ibu ambil Rp 5 juta begitu disiplin terus ibu bisa ambil naik sampai perbankan bisa ambil Rp 1 -10 miliar karena sudah terbiasa disiplin. Gak apa-apa kalau itu mau ambil usaha gak ada masalah yang paling penting itungannya bapak ibu ambil di perbankan mau Rp 100 miliar, Rp 10 miliar itungannya gak ada masalah,” kata Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *