June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Dorong 25 UMKM Binaan Naik Kelas, Alfamart-Unpad Gelar Program Inkubasi

2 min read

Tabloidpengusaha.com – Alfamart bersama Universitas Padjadjaran (Unpad) mendorong UMKM naik kelas dengan menggelar program inkubasi bagi mitra Alfamart. Program ini bertujuan meningkatkan performa usaha UMKM binaan Alfamart 15%-20%.

25 UMKM binaan Alfamart yang terdiri dari store owner Alfamind, pemasok produk lokal, dan mitra binaan tenant mendapat pelatihan dari ahli Pusat Inkubator Bisnis dan Kewirausahaan Unpad Oorange selama dua bulan ke depan. Mulai Sabtu (24/2) hingga April mendatang, para UMKM binaan Alfamart secara intensif mendapatkan pelatihan dan pendampingan secara langsung dari Oorange.

Corporate Communicatons GM Alfamart Rani Wijaya mengungkapkan program inkubasi ini merupakan kerja sama lanjutan dari kegiatan Alfamart UMKM Day yang diselenggarakan bersama Unpad akhir tahun 2023 lalu.

“Di dalam inkubasi ini lebih jauh dan dalam lagi untuk mengeluarkan segala potensi dari UMKM binaan Alfamart sehingga ada hasil nyata lebih dari sekedar pelatihan dan seremoni. Terlebih kami bekerja sama dengan institusi pendidikan yang ternama dengan penyelenggara inkubasi UMKM yang juga berpengalaman,” ungkap Rani.

Sementara itu, Oorange Director Rivani S.IP., MM., DBA turut menyambut baik kerja sama ini.

“Kami sambut baik Alfamart yang tulus berniat mengembangkan secara nyata sektor UMKM. Kami akan fasilitasi program inkubasi bisnis ini mulai dari keahlian, pelatihan, workshop, pendampingan, konsultasi, maupun ekosistem pendukungnya kepada para pengusaha UMKM demi usaha mereka yang makin berdaya,” terang Rivani.

Ia menjelaskan materi yang diberikan Oorange selama 2 bulan ini disusun sesuai kebutuhan masing-masing. Materi ini menyesuaikan setiap karakterisitik bidang UMKM Binaan Alfamart, mulai dari produk yang dibuat atau dijual hingga tipe target konsumen berbeda-beda.

“Sehingga materi yang diberikan akan terspesialisasi juga. Namun tetap aplikatif dan praktis untuk mereka lakukan di usahanya,” tambahnya.

Salah satu peserta dari Cimahi, Tintun Martini yang merupakan pemasok produk snack lokal di Alfamart wilayah Bandung dan sekitarnya pun mengungkapkan harapannya saat mengikuti serangkaian inkubasi.

“Senang bisa difasilitasi ikut kegiatan seperti ini, agar kami UMKM ini bisa naik kelas, bisa punya banyak skill baru yang buat usaha kami juga makin maju,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *