June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

PNM Mekaar Bikin UMKM Aneka Minuman di Kupang Makin Moncer

1 min read

Tabloidpengusaha.com – Sejak sebelum merdeka masyarakat kita memiliki budaya gotong-royong yang tinggi. Ini tercermin dari budaya berkumpul dan saling menolong.

Cerminan budaya gotong-royong ini juga terjadi saat arisan. 

Kegiatan ini masih banyak terjadi di masyarakat kita. Umum terjadi pada kelompok masyarakat kita, saat arisan mereka saling pinjam untuk menambah modal usaha dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

PT Permodalan Nasinal Madani (PNM) yang digagas oleh BJ Habibie, presiden ketiga RI mengembangkan budaya bangsa ini dengan menyempurnakan konsep membentuk entitas masyarakat yang maju dan modern dengan memberikan tiga modal utama yakni modal finansial, modal intelektual, dan modal sosial. 

Oleh karena itu, Program unggulan PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar) merupakan program yang menjadi reaktualisasi budaya bangsa.

Melalui grup lending PNM Mekaar tercatat telah membina lebih dari 15,2 juta nasabah dengan 3.867 unit yang tersebar di seluruh Indonesia. Bali dan Nusa Tenggaraa tercatat memiliki 269 unit, Jawa 2.318 unit, Kalimantan 102 unit, Maluku 19 unit, Papua 6 unit, Sulawesi 285 unit dan Sumatera 868 unit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *