June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Teknologi Wireless 6G Terbaru 500 Kali Lebih Cepat dari Ponsel 5G

2 min read

Tabloidpengusaha.com – Konektivitas generasi kelima atau 5G untuk teknologi seluler baru menjadi standar jaringan selama sekitar lima tahun. Namun dengan 6G yang sudah ada, para pengembang mencari cara untuk memanfaatkan sepenuhnya bandwidth generasi berikutnya yang sangat besar.

Dilihat dari Science Alert, Jumat (3/5/2024) demo teknologi yang dilakukan di Jepang menunjukkan prototipe perangkat nirkabel mencapai kecepatan transfer data 100 Gbps, yang 10 kali lebih cepat dari 5G pada puncaknya, dan 500 kali lebih cepat dari rata-rata smartphone 5G.

Hasil penelitian dan pengembangan ekstensif yang dilakukan oleh perusahaan telekomunikasi Jepang NTT, operator telepon seluler Jepang DOCOMO, dan perusahaan elektronik NEC dan Fujitsu, perangkat ini menggunakan pita frekuensi tinggi dalam rentang 100 GHz dan 300 GHz, sehingga memungkinkannya dikemas secara signifikan dan lebih banyak data dibandingkan standar generasi sebelumnya.

Ini masih dalam proses dengan adanya trade-off saat ini dalam hal jangkauan, namun percobaan menunjukkan koneksi yang stabil pada jarak lebih dari 100 meter. Kemajuan dalam teknologi komunikasi pada kenyataannya memerlukan berbagai bentuk pemancar dan penerima seiring dengan dibangunnya jaringan 6G, sebagian besar bergantung pada inovasi seperti ini.

Berbicara tentang perangkat keras, perlu dicatat bahwa demo ini membutuhkan banyak peralatan canggih. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi, ukuran dan biaya peralatan tersebut secara bertahap akan turun.

Penting juga untuk diingat bahwa kecepatan tertinggi 10 Gbps untuk 5G adalah batas teknis, dalam kondisi sempurna, menggunakan perangkat keras yang paling kuat dan dioptimalkan dengan baik. Menurut Opensignal, kecepatan 5G rata-rata untuk ponsel cerdas di T-Mobile di AS, operator terbaik di negara itu untuk kecepatan 5G, saat ini mencapai 186,3 Mbps.

Dengan kata lain, 6G menjanjikan peningkatan kecepatan yang jauh lebih baik. Itu akan berguna dalam segala hal mulai dari pengunduhan film resolusi tinggi hingga komunikasi antar kendaraan otonom.

Seperti halnya 5G, akan ada lompatan maju dalam hal bandwidth, atau kapasitas jaringan, mengingat lebih banyak perangkat yang dapat tetap terhubung pada waktu yang sama. Jika Anda pernah kehilangan sinyal telepon saat menonton konser atau pertandingan olahraga, Anda pasti akrab dengan kemacetan jaringan. Nah, hal seperti itu tidak akan dialami 6G.

Dalam situasi tertentu, kita mungkin melihat 6G membuat WiFi menjadi mubazir, sesuatu yang sudah mulai terjadi pada 5G. Mungkin tidak perlu memasang kabel fisik hingga ke pintu depan rumah atau kantor.

Melihatnya secara lebih luas, pikirkan lebih banyak perangkat yang online dengan kecepatan lebih tinggi, dilengkapi dengan lebih banyak komponen dan sensor yang dapat berkomunikasi dengan web (dan satu sama lain). Nokia memperkirakan 6G mungkin tersedia secara komersial pada tahun 2030.

Sementara itu, saat ini kita harus menghadapi jaringan 5G ‘baru’ yang sudah tampak lamban jika dibandingkan dengan apa yang akan terjadi di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *