June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Pesawat Terbesar di Dunia Stratolaunch Roc, Lapangan Bola Kalah

2 min read

Tabloidpengusaha.com – Perusahaan Stratolaunch punya pesawat terbesar di dunia yaitu Stratolaunch Roc. Ukurannya lebih lebar dari lapangan sepak bola.

Stratolaunch sebelumnya telah sukses meluncurkan kendaraan terbang hipersonik TA-1 menggunakan pesawat terbesar di dunia yaitu Statolaunch Roc pada 9 Maret 2024 lalu. Pesawat Stratolaunch Roc memiliki lebar sayap mencapai 117 meter, lebih panjang dari lapangan sepak bola.

Roc lepas landas dari Bandar Udara dan Luar Angkasa Mojave di Lapangan Rutan, California, dengan kendaraan TA-1 diikatkan ke bagian bawahnya. TA-1 merupakan kendaraan terbang berbentuk seperti anak panah, dirancang sebagai platform uji hypersonic swasta. Mereka mengklaim bahwa percobaan tersebut sukses dan kendaraan luar angkasa TA-1 hampir mencapai kecepatan hipersonik Mach 5, yaitu 5 kali kecepatan suara.

Dilihat dari IFL Science, Sabtu (4/5/2024) kesuksesan penerbangan ini tidak terlepas dari desain unik pesawat. Dengan lebar sayap 117 meter, Stratolaunch Roc dianggap sebagai pesawat terbesar di dunia yang beroperasi saat ini. Lebar sayapnya yang lebih panjang dari lapangan sepak bola, memungkinkan pesawat ini untuk mengangkut muatan yang sangat berat ke ketinggian.

Dalam kondisi kosong, pesawat berbadan ganda ini memiliki berat sebesar 226.796 kilogram dan membutuhkan 6 mesin Pratt & Whitney PW4056 untuk dapat terbang. Secara total, berat lepas landas maksimumnya adalah 589.670 kilogram.

Pencapaian ini merupakan tonggak penting dalam perjalanan Stratolaunch yang didirikan pada tahun 2011 oleh Burt Rutan dan salah satu pendiri Microsoft, Paul Allen, dengan target mengembangkan roket orbital. Meskipun melewati jalan berliku, Stratolaunch berhasil menorehkan sejarah baru dalam industri antariksa dengan penerbangan perdana kendaraan hypersonic ini.

Keberhasilan penerbangan ini membuka pintu bagi pengembangan lebih lanjut teknologi hypersonic. Dengan dukungan dan inovasi yang berkelanjutan, Stratolaunch Roc diharapkan dapat terus memimpin jalan menuju era baru eksplorasi luar angkasa dan teknologi hipersonik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *