June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

Kejar Samsung, Apple Kembangkan AI untuk iPhone 16

2 min read

tabloidpengusaha.com – Samsung sukses mengembangkan Galaxy AI untuk smartphone terbarunya. Apple tampaknya tidak mau ketinggalan.

Apple sedang mengembangkan fitur AI generatif untuk iPhone generasi baru, khususnya iPhone 16. Ini merupakan upaya Apple untuk menghadapi persaingan ketat di industri teknologi dari pesaing seperti Google Android dan Samsung yang sudah memasukkan kemampuan AI dalam produk mereka.

Baru-baru ini, tim peneliti Apple telah merilis OpenELM (Open-source Efficient Language Models), model bahasa AI yang didesain untuk dapat berjalan secara efisien pada perangkat konsumen yang lebih kecil seperti ponsel pintar.

Meskipun Apple belum memberikan petunjuk mengenai cara memanfaatkan OpenELM pada produk mendatang seperti iPhone 16, model ini dapat bekerja dengan lebih responsif dan tidak terlalu bergantung pada konektivitas internet berkecepatan tinggi.

Dilansir dari The Sun Inggris pada Sabtu (4/5/2024) salah satu fitur yang paling ditunggu-tunggu adalah peningkatan pada asisten virtual Siri pada iOS 18. Dengan kemampuan AI generatif, Siri diharapkan dapat bertransformasi dari sekedar asisten suara menjadi chatbot canggih yang mampu memahami dan merespons permintaan pengguna dengan lebih baik.

“Teknologi AI generatif seharusnya meningkatkan Siri maupun aplikasi pesan untuk dapat menangani pertanyaan dan melengkapi kalimat secara otomatis,” ujar Mark Gurman dari Bloomberg yang terkenal dengan bocoran akuratnya terkait produk-produk Apple.

Selain Siri, Apple juga dikabarkan akan menghadirkan fitur-fitur AI generatif lain seperti kemampuan mengedit foto dengan menulis pesan, serta pemahaman yang lebih baik tentang konteks situasi di ponsel pintar untuk membantu pengguna menavigasi perangkat.

Investasi besar Apple pada penelitian AI dan rilis model seperti OpenELM menunjukkan komitmen perusahaan untuk menjadikan produk-produknya lebih cerdas dan canggih dengan bantuan teknologi AI terbaru. Pembaruan utama terkait fitur-fitur AI diperkirakan akan diumumkan pada Konferensi Pengembang Seluruh Dunia (WWDC) mendatang di bulan Juni.

Kepala Pemasaran Apple, Greg Joswiak berpromosi bahwa teknologi AI adalah singkatan dari ‘Absolutely Incredible’. Langkah-langkah Apple dalam menyematkan AI generatif ke produk-produknya akan menentukan persaingan ketat di industri teknologi, terutama di segmen ponsel pintar yang terus berkembang pesat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *