June 15, 2024

Tabloidpengusaha.com

Tabloid Pengusaha | tabloid online | majalah online | majalah digital | majalah marketing

bank bjb Dorong Pengembangan Bisnis 100 UMKM Lewat bjbpreneur 2024

3 min read

Tabloidpengusaha.com – bank bjb menggelar bjbpreneur 2024 sebagai wadah pengembangan usaha para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Gelaran ini telah sukses memfasilitasi 100 pelaku UMKM lewat pemberian coaching yang diselenggarakan secara daring pada 18-20 April 2024.

Adapun 100 besar bjbpreneur memiliki komposisi peserta yang hampir merata dari setiap Kanwil bank bjb. Para peserta pun terdiri dari berbagai sektor seperti kerajinan, kuliner, kreatif sampai pertanian.

Pada gelaran coaching bjbpreneur 2024, bank bjb menghadirkan para pelatih bisnis berpengalaman dalam membina para peserta terpilih untuk mengembangkan bisnisnya. Dengan demikian, mereka mampu berkembang atau naik kelas dari kondisi sebelumnya.

“Perjalanan teman-teman di bjbpreneur telah sampai pada tahap pendampingan bisnis atau lebih dikenal dengan coaching. Sebagai tahapan awal dalam pendampingan bisnis akan saya perkenalkan satu konsep penilaian, yakni business acumen yang akan menjadi modal awal teman-teman dalam memeriksa bisnis yang telah dijalankan,” ujar ICF Master Certified Coach dan Executive Business Coach, Al Falaq Arsendatama dalam keterangannya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan ada tiga pokok bahasan yang menjadi bekal para peserta bjbpreneur dalam pendampingan bisnis. Hal ini melipiuti, faktor yang diperlukan entrepreneur agar bisa naik kelas, business acumen untuk entrepreneur, serta business diagnostic dan strategi ekspansi.

“Berbeda dengan berdagang, seorang entrepreneur jangan hanya memikirkan bagaimana produk bisa terjual. Karena produk terjual akarnya adalah bagaimana seorang entrepreneur mampu memetakan tiga hal, yakni kapasitas, kapabilitas, dan aksesibilitas yang mereka miliki dalam berbisnis,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, ia juga memperkenalkan para coach yang mendampingi peserta dan memberi solusi terkait permasalahan bisnis yang dihadapi para peserta.

Terdapat 12 Coach yang masing-masing telah berpengalaman dalam hal pengembangan bisnis baik dalam sektor yang kecil dan besar. Di antaranya, Bambang Irawan, Robby Lasman, Gita Mahardika, Sugiarti Rosbak, Afryan Palao, MN Fannie Prasetyo, Lika Satvarini, Budiastuti, Debora Ayu, Onma Gultom, Rama Dhonanto, dan Denny Simano.

“Ada perbedaan mendasar antara coaching atau training. Coaching itu merupakan praktik komunikasi dua arah yang tujuannya memberi arahan, action plan, saran pengembangan, dan bahkan membongkar permasalahan bisnis yang sedang berjalan,” papar Coach Rama.

Adapun 100 peserta terbaik bjbpreneur 2024 dibagi ke dalam 11 kelompok yang disesuaikan berdasarkan sektor usahanya masing-masing, di antaranya Kerajinan (A,B,C,D), Kreatif (A,B), Kuliner (A,B,C,D,E), dan Pertanian.

Dalam coaching ini, para peserta bjbpreneur 2024 memaparkan hasil asesmen bisnis mereka, menentukan target dan rencana bisnis, hingga menilai value chain bisnis yang meliputi finance, sales, marketing, product and service, serta management.

Usai pendampingan, para coach juga mempersilahkan para peserta terbaik bjbpreneur 2024 untuk berkonsultasi atas action plan yang dihasilkan.

Setelah pendampingan/coaching dilaksanakan, business diagnostic yang menjadi bahan konsultasi pun melahirkan beberapa pelaku usaha dengan potensi luar biasa, baik dalam segi produk maupun pemasarannya.

Business Diagnostic dan Action Plan menjadi keuntungan bagi peserta bjbpreneur karena mereka akan mudah menentukan rencana bisnis yang konkrit ke depan untuk menambahkan kapasitas bisnisnya.

Selain itu, para peserta yang maju ke babak selanjutnya adalah yang telah melengkapi berbagai rangkaian bjbpreneur seperti post test pelatihan, hingga laporan usaha dengan melengkapi perizinan dan berbagai unsur kelengkapan bisnis lain.

Selanjutnya, 100 Peserta yang dikumpulkan dalam grup spesifik akan dipilih menjadi 20 peserta terbaik yang maju ke babak final bjbpreneur.

Nantinya 20 peserta terbaik ini yang akan mendapat kesempatan menjadi pemenang pada kategori Womanpreneur, Digipreneur, Agripreneur, Pemberdayaan Masyarakat, Inovasi Produk, Wirausaha Keberlanjutan, Penghargaan Khusus untuk Pengguna Layanan bank bjb, dan Penghargaan Agregator UMKM.

Mereka juga akan dibimbing lebih mendalam dan l berkesempatan mengikuti penjurian pada bulan Mei mendatang dan diikutkan dalam Market Fit untuk mendapatkan pasar sesuai dengan produk uniknya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *